stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
HUBUNGAN TINGKAT PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR BERENANG | Khory | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

HUBUNGAN TINGKAT PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR BERENANG

Fifukha Dwi Khory, Setiyo Hartoto, Bayu Budi Prakoso

Abstract


Cabang olahraga renang merupakan satu dari banyak cabang olahraga yang menjadi isi dalam kurikulum sekolah. Mahasiswa calon guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) wajib mendapatkan pengalaman belajar dan mengajar renang saat belajar di universitas. Tetapi tidak jarang mereka menghadapi kesulitan dalam belajar renang sehingga membuat sebagian dari mereka tidak tuntas dalam belajar renang. Aspek kejiwaan diyakini menjadi salah satu faktor yang turut menentukan ketuntasan belajar mereka. Untuk itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara aspek kejiwaan berupa tingkat percaya diri dengan hasil belajar mahasiswa dalam belajar renang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Sebanyak 117 mahasiswa (75 laki-laki dan 42 perempuan) tuntas mengisi angket percaya diri dan mengikuti tes berenang. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, korelasi, dan anova-linearity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat percaya diri yang tinggi (mean= 38.9, SD= 5.806). Terdapat korelasi negatif antara percaya diri dan waktu tempuh renang [r(117)= -0.405, p= 0.000], semakin tinggi tingkat percaya diri semakin cepat mahasiswa berenang. Kontribusi percaya diri terhadap hasil belajar sebesar 16.4%. Hubungan keduanya terjadi secara linear (F= 23.118, p<0.05). Disimpulkan bahwa percaya diri berhasil menjadi prediktor linear untuk hasil belajar renang mahasiswa.


Keywords


percaya diri, mahasiswa calon guru PJOK, hasil belajar renang

Full Text:

PDF

References


Bartlett, R., Wheat, J., & Robins, M. (2007). Is movement variability important for sports biomechanists? In Sports Biomechanics (Vol. 6, Issue 2, pp. 224–243). Taylor & Francis Group . https://doi.org/10.1080/14763140701322994

Clark, S., & Ste-Marie, D. (2007). The impact of self-as-a-model interventions on children’s self-regulation of learning and swimming performance. Journal of Sports Sciences, 25(5), 577–586. https://doi.org/10.1080/02640410600947090

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research In EducatIon (6th ed.). Mc Graw HIll.

Hartoto, S, Khory, F. D., & Prakoso, B. B. (2018). The role of students’ self-confidence in relation with swimming routines, frequency, and tutor in swimming class. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1–5. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012028

Hartoto, Setiyo, Dwi Khory, F., & Prakoso, B. B. (2017). VALIDATION OF SELF-CONFIDENCE QUESTIONNAIRE in SWIMMING COURSE LEARNING. Educational Research International, 6(4). www.erint.savap.org.pk

Junaidi. (n.d.). Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana) df = 1-200. Retrieved July 3, 2020, from http://junaidichaniago.wordpress.com

Khory, F. D. (2009). Model pembelajaran renang bagi individu yang mengalami aquaphobia. Jurnal Ordik.

Khory, F. D., Hartoto, S., Sudarso, & Prakoso, B. B. (2018). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kualitas Mahasiswa Calon Guru PJOK Saat Melaksanakan Program Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Mitra. SPORTIF, 4(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12092

Lawrence, D. (2006). Enhancing Self-Esteem in the Classroom (3rd ed.). SAGE Publications Inc.

Liaw, S. Y., Scherpbier, A., Rethans, J. J., & Klainin-Yobas, P. (2012). Assessment for simulation learning outcomes: A comparison of knowledge and self-reported confidence with observed clinical performance. Nurse Education Today, 32(6), e35–e39. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2011.10.006

Maksum, A. (2018). Statistik dalam Olahraga. Unesa University Press.

Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, (2016). http://peraturan.go.id/permen/kemendikbud-nomor-24-tahun-2016-tahun-2016.html

Mengelkamp, C., & Bannert, M. (2010). Accuracy of confidence judgments: Stability and generality in the learning process and predictive validity for learning outcome. Memory and Cognition, 38(4), 441–451. https://doi.org/10.3758/MC.38.4.441

O’Brien, M. W., Shields, C., Solmundson, K., & Fowles, J. (2020). Exercise is medicine Canada workshop training improves physical activity practices of physicians across Canada, independent of initial confidence level. Canadian Medical Education Journal. https://doi.org/10.36834/cmej.68376

Roelle, J., Schmidt, E. M., Buchau, A., & Berthold, K. (2017). Effects of informing learners about the dangers of making overconfident judgments of learning. Journal of Educational Psychology, 109(1), 99–117. https://psycnet.apa.org/buy/2016-24682-001

Santrock, J. W. (2014). Adolescence (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Sin, T. H., & Hudayani, F. (2019). Efektifitas metode belajar renang dengan bantuan teman untuk meningkatkan kepercayaan diri atlit. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 168–173. https://doi.org/10.24036/4.33355

Stillwel, B. (2007). Swimming instruction for those fearful of water. Palaestra, 23(1), 36–42.

Susanto, E. (2005). Strategi Menghilangkan Fobia Air: Sebuah Pendekatan menuju Keamanan Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Edisi khusus, 117–126. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/4318/3740

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Widhiarso, W. (2010, August 30). Prosedur Uji Linieritas pada Hubungan antar Variabel | Belajar Metodologi Penelitian. https://widhiarso.staff.ugm.ac.id/wp/prosedur-uji-linieritas-pada-hubungan-antar-variabel/




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i3.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol