stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI 7 KABUPATEN JOMBANG | Arif | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI 7 KABUPATEN JOMBANG

Achmad Samsul Arif, Guntum Budi Prasetyo

Abstract


Abstrak

Tujuan peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil kemampuan passing bolavoli studi pada siswa X MAN 7 Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 MAN  7 Jombang, sampel penelitian adalah siswa kelas X dengan  jumlah  36 siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa kelas X IPA 4 MAN 7 Jombang setelah diberikan treatment gaya mengajar resiprokal, diperoleh hasil uji beda paired test sebesar 0,00 atau lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil gaya mengajar resiprokal terhadap kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas X  MAN  7 Jombang. Besarnya pengaruh gaya mengajar resiprokal  terhadap hasil kemampuan siswa pada materi passing bawah dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu sebesar 38,67 %, dikarenakan peningkatan rata-rata  kemampuan nilai passing bawah sebesar 13,75.

Kata kunci:  gaya mengajar resiprokal, passing bawah, bolavoli

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dimyati, D. (2013). BELAJAR & PEMBELAJARAN (5th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dini Rosdiani, M. pd. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. (Riduwan, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya, Indonesia: Unesa University Press.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT.RajaGrafindo persada Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sunyono, Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT.Rosdakarya Offset

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Tim Prestasi Pustaka

Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Winarno. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang:Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol