PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen equalization of treatment (kesamaan perlakuan) yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab dan akibat. subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berumur minimal 10 tahun SDN Kemantren Paciran Lamongan yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan analisa kemampuan siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan setelah diberikan treatment berupa model pembelajaran teams games tournaments, diperoleh hasil rata-rata nilai yaitu 55,41 dan nilai = 3,64 > = 1,74 dengan signifikan t yaitu 5% atau 0,05 dan meningkat sebesar 12,23%. Jadi terdapat pengaruh Model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Model TGT, Passing Bawah BolavoliFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Maksum. 2012. Metodologi Penelitian. Surabaya:UnesaUniversity Press
Maksum. 2018. Statistik dalam olahraga. Surabaya:UnesaUniversity Press
Mulyani. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta:Diva press.
Mutohir. 2013. Konsep Teknik Strategi dan Modifikasi. Surabaya: Graha Pustaka
MediaUtama.
Noviana, (2015/2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk MeningkatkanAktivitas dan Prestasi Balajar,(Online),(http://journal.uad.ac.id/index.phpJRKPF/article/download/4541/pdf_27), diakses 04 juni 2018.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT.RajaGrafindo persada Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta STKIP. 2017.
Sunyono, Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT.Rosdakarya Offset
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta:Tim Prestasi Pustaka.
Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Winarno. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang:Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan
Wisnu D. Yudianto, Kamim Sumardi, Ega T, (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk , (Online),(http://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/download/3820/2723), diakses 04 juni 2018
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index