PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI

Ibad Muzakky, Puguh Satya Hasmara

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen equalization of treatment   (kesamaan perlakuan) yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab dan akibat. subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berumur minimal 10 tahun SDN Kemantren Paciran Lamongan yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan analisa kemampuan siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan setelah diberikan treatment berupa model pembelajaran teams games tournaments, diperoleh hasil rata-rata nilai yaitu 55,41 dan nilai = 3,64 > = 1,74 dengan signifikan t yaitu 5% atau 0,05 dan meningkat sebesar 12,23%. Jadi terdapat pengaruh Model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci:  Model TGT, Passing Bawah Bolavoli

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Maksum. 2012. Metodologi Penelitian. Surabaya:UnesaUniversity Press

Maksum. 2018. Statistik dalam olahraga. Surabaya:UnesaUniversity Press

Mulyani. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta:Diva press.

Mutohir. 2013. Konsep Teknik Strategi dan Modifikasi. Surabaya: Graha Pustaka

MediaUtama.

Noviana, (2015/2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk MeningkatkanAktivitas dan Prestasi Balajar,(Online),(http://journal.uad.ac.id/index.phpJRKPF/article/download/4541/pdf_27), diakses 04 juni 2018.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT.RajaGrafindo persada Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta STKIP. 2017.

Sunyono, Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT.Rosdakarya Offset

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta:Tim Prestasi Pustaka.

Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Winarno. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang:Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan

Wisnu D. Yudianto, Kamim Sumardi, Ega T, (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk , (Online),(http://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/download/3820/2723), diakses 04 juni 2018




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats