Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Pencak Silat Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengembangan media video pembelajaran teori dan praktek pencak silat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan cara menyebarkan angket. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah teori dan praktek pencak silat. Dari hasil angket analisis kebutuhan diketahui bahwa 100% proses pembelajaran teori dan praktek pencak silat di masa pandemic covid-19 dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom, bahan ajar tersedia, saat proses pembelajaran dosen menggunakan media berupa power point, dan 88% mahasiswa menyatakan diperlukan media berupa video pembelajaran teori dan praktek pencak silat yang berisi materi teori dan praktek berupa tahapan gerakan dalam pencak silat. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan video pembelajaran teori dan praktek pencak silat bagi mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo.
Kata kunci: Pengembangan, Media, Video Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
AECT. 1977. The Definition Of Educational Technology. Washington DC: AETC
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bloom, B.S. 1981. Taxonomy Of Educational Objective The Classification Of Educational Goals. London: Longman
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Naharsari, N. D. 2008. Olahraga pencak silat. Jakarta : Ganeca Exact
Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI
Suartama, I Kadek. 2012. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Karakteristik Berbagai Jenis Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sucipto.2002. Pembelajaran Pencak Silat. Bandung : FPOK UPI Bandung
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children”. Washington: National Center for Improvement of Educational
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i3.1733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index