Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Pencak Silat Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo

Nur Khozanah Ilmah, Ary Artanty

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengembangan media video pembelajaran teori dan praktek pencak silat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan cara menyebarkan angket. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah teori dan praktek pencak silat. Dari hasil angket analisis kebutuhan diketahui bahwa 100% proses pembelajaran teori dan praktek pencak silat di masa pandemic covid-19 dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom, bahan ajar tersedia, saat proses pembelajaran dosen menggunakan media berupa power point, dan 88% mahasiswa menyatakan diperlukan media berupa video pembelajaran teori dan praktek pencak silat yang berisi materi teori dan praktek berupa tahapan gerakan dalam pencak silat. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan video pembelajaran teori dan praktek pencak silat bagi mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo.      

Kata kunci: Pengembangan, Media, Video Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


AECT. 1977. The Definition Of Educational Technology. Washington DC: AETC

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bloom, B.S. 1981. Taxonomy Of Educational Objective The Classification Of Educational Goals. London: Longman

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Naharsari, N. D. 2008. Olahraga pencak silat. Jakarta : Ganeca Exact

Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Suartama, I Kadek. 2012. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Karakteristik Berbagai Jenis Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sucipto.2002. Pembelajaran Pencak Silat. Bandung : FPOK UPI Bandung

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children”. Washington: National Center for Improvement of Educational




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i3.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats