PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MANCILAN 2 MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Iswandy Prahara Putra

Abstract


ABSTRAK

Kata kunci : Modifikasi Permainan, Passing Bawah Bolavoli.

 

Permainan bolavoli adalah sebuah bentuk permainan yang sanga menarik, karena di dalamnya terdapat unsur kegembraan,kerjasama antar pemain, dan banyak ragam gerak. Passing adalah teknik memantulkan bola dengan menggunakan tangan, sehingga bola bisa terpantul dan biasa diberikan pada pemain berikutnya. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti telah melakukan observasi di SD Negeri 2 Mancilan Mojoagung Jombang pada peserta didik kelas IV yang peserta didiknya masih kesulitan untuk melakukan passing bawah dalam permainan bolavoli. Sehingga proses belajar mengajar menjadi terhambat.  Modifikasi merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan oleh para guru agar pembelajaran mencerminkan developmentally appropriate practice (DAP). Inti dari modifikasi adalah menganalisa dan mengembangkan materi pelajaran dengan cara meruntunkannya dalam bentuk aktivitas belajar potensial yang dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. Salah satu modifikasi nantiya dipakai oleh peneliti utuk memecahkan permasalahan tersebut diatas serta menunjang proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik yaitu dengan cara modifikasi permainan seperti permainan lempar bola ke kardus dan permainan sepuluh, karena siswa akan lebih aktif dalam melakukan pembelajaran pasing bawah dalam bolavoli.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada peserta didik kelas IV SDN mancilan 2 mojoagung kabupaten jombang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-ekperiment dengan menggunakan design Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.

Berdasarkan analisis data diperoleh dengan uji-T didapatkan nilai 2.457, jadi didapatkan nilai thitung lebih besar dari t  yaitu t (2.457)  > t (1,745). Dari perhitungan tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada peserta didik kelas IV SDN mancilan 2 mojoagung kabupaten jombang tahun pelajaran 2016/2017.

 

ABSTRACT

 

Keywords : Game Mods, Passing Down volleyball. Volleyball game is a superb form of the game interesting, because in it there are elements kegembraan, cooperation between the players, and a lot of range of motion. Passing is the technique of bouncing the ball by hand, so that the ball can bounce and usually given to the next player. Relative to the researchers have made observations in SD Negeri 2 Mancilan Mojoagung Jombang learner class IV student participants are still difficulties to passing down the volleyball game. So that the learning process becomes inhibited. Modification is an effort that must be made by teachers to reflect developmentally Appropriate instructional practice (DAP). The core of the modifications is to analyze and develop the subject matter in a way meruntunkannya in the form of learning activities that can potentially facilitate students in learning. One modification nantiya used by investigators weeks to solve the above problems and to support the learning process and to improve learning outcomes as well as active learners in particular by modification of the game as the game throwing the ball into the box and the game ten, because students will be more active in the learning pasing under in volleyball.The purpose of this study was to determine whether there is influence of modifications to the learning outcomes passing game down in a volleyball game in the fourth grade students of SDN mancilan 2 Mojoagung Jombang district in the academic year 2016/2017. This research uses quasi-ekperiment using design Non-randomized control group pretest-posttest design.

Based on the analysis of data obtained by T-test values obtained 2,457, so obtained tcount greater than ttable ie tcount(2.457)> ttable (1.745). From these calculations, the researchers concluded that there are significant modifications to the learning outcomes passing game down in a volleyball game in the fourth grade students of SDN mancilan 2 Mojoagung Jombang district in the academic year 2016/2017.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats