Efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan secara online

Anggoro Dwi Cahyo, Agus Wiyanto, Masri Masri, Nurhadi Santoso

Abstract


Munculnya virus Covid 19 dari Wuhan China mengakibatkan beberapa perubahan terutama pada sektor pendidikan khususnya di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PJOK secara daring di MIN 5 Lampung Utara. Penelitian ini merupakan laporan kuantitatif yang memanfaatkan strategi tinjauan umum dengan survei online. Informasi dibedah menggunakan statistik diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 106 siswa/i MIN 5 Lampung Utara Tahun ajaran 2020/2021. Mengingat hasil dari penelitian ini disadari bahwa dalam pembelajaran PJOK secara daring berjalan kurang efektif. Aplikasi yang dinilai paling mudah dipergunakan oleh guru dan siswa adalah Google Classroom dan WhatsApp, menggunakan model pembelajaran penugasan individu serta penugasan yang paling mudah dipahami adalah soal pilihan ganda kendala yang dialami murid selama pembelajaran daring adalah permasalahan kuota internet.


Keywords


Pendidikan Jasmani; COVID-19; Online

Full Text:

PDF

References


Al Halik, & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), 3(2), 131–141. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887

Alfionita, I. L., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2018). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(11), 41–48.

Ambar, I., Susantiningrum, & Sutaryadi. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(9), 37–52. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1356/1451

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. 日本 教 育 工 学会 論文 誌, 8, 101–203. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jjet/29/3/29_KJ00004286879/_pdf/-char/ja

Darmawan, D., & Rismawati. (2020). Hasil Pemberdayaan Masyarakat Oleh Koperasi Simpan Pinjam Sebagai Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Ekonomi Di Koperasi Serba Usaha Mandiri Kasemen, Kota Serang. 5(2), 205–212.

Dwi Yulianto, A. S. N. (2021). DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(1), 33–42.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Irawan, A. W., Dwisona, & Lestari, M. (2020). Psyhological impacts of students on online learingdurung he pandemic covid-19. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 07(1), 53–60.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Septian Raibowo, & Yahya Eko Nopiyanto. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.111




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v9i2.1893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats