UPAYA PENINGKATAN HASIL KEMAMPUAN LAY-UP SHOOT BOLABASKET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA ISLAM TERPADU MISYKAT AL-ANWAR KWARON DIWEK

Muhammad Rizky, Yully Wahyu Sulistyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik pada hasil kemampuan lay-up shoot bolabasket menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Dalam hal ini peneliti berpandangan bahwa aspek tersebut dapat meningkatkan kemampuan peseta didik. Berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan saat ini kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil kemampuan peserta didik pra siklus sebesar 52,27% dari 44 jumlah siswa seluruh peserta didik kelas XI SMA. Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang diharapkan mampu meningkatkan hasil kemampuan lay-up shoot bolabasket peserta didik. Dalam penelitian ini peserta didik kelas XI SMA yang berjumlah 44 peserta didik adalah sebagai obyek penelitian, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik sederhana yaitu menghitung ketuntasan secara perorangan serta ketuntasan secara klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan dari data hasil kemampuan lay-up shoot bolabasket peserta didik pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,88. Dan presentase ketuntasan secara keseluruhannya sebesar 65,90% menjadi 77,11% mencapai ketuntasan secara klasikal dengan nilai rata-rata 86,36% pada siklus II. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil kemampuan lay-up shoot bolabasket dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil kemapuan lay-up shoot pada peserta didik.

Kata Kunci: Lay-Up Shoot, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka cipta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arifin, Zainal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia

Anita Lie. (2008). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah. YRAMA WIDYA

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta

Ekawarna.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gawang Persada

Kosasih, Danny.2008. FundaMental Basketball. Semarang:Karang Turi Media

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Maksum, Ali. 2007. Statistik Dalam Olahraga. Tanpa Penerbit

Maksum, Ali. 2012. Metode Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya Unesa University Perss

Mulyasa. 2008. Standar kopetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nata, Abuddin, 2001. Prespektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Prenada Media Group

Oliver, Jon. 2004. Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung: Pakar Raya

Oliver, Jon. 2007. Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung: Pakar Raya.

.Rosdiani, Dini dan Husdarta, JS. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet. Ke 19). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2007. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Tentang System Pendidikan Nasional. Restindo mediatamai; Jakarta

Wissel. 2000. Bola Basket. Jakarta: Raja Grafindo persada.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v9i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats