stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENERAPAN MODIFIKASI SKOR DAN LAPANGAN PADA PERMAINAN BULUTANGKIS DALAM HASIL BELAJAR SERVIS PADA ANAK TUNARUNGU SISWA KELAS V SDLB MUHAMMADIYAH JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017 | Fatik | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

PENERAPAN MODIFIKASI SKOR DAN LAPANGAN PADA PERMAINAN BULUTANGKIS DALAM HASIL BELAJAR SERVIS PADA ANAK TUNARUNGU SISWA KELAS V SDLB MUHAMMADIYAH JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

Misbachus Latiful Fatik

Abstract


Latiful, Misbachus Fatik. 2017.  Penerapan Modifikasi Skor Dan Lapangan Pada Permainan Bulutangkis Dalam Hasil Belajar Servis Pada Anak Tunarungu Siswa Kelas V Sdlb Muhammadiyah Jombang. Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. STKIP PGRI Jombang. Pembimbing : Arnaz Anggoro Saputro, M.Pd.
 
Kata Kunci : penarapan modifikasi skor dan lapang, hasil belajar, siswa tunarungu. Tunarungu adalah peristilahan secara umum yang diberikan kepada anak yang mengalami kehilangan atau kekurang mampuan mendengar, sehingga ia mengalami gangguan dalam melaksanakan kehidupannya sehari-hari. Secara garis besar tunarungu dapat dibedakan menjadi dua yaitu tuli dan kurang dengar.  Anak tunarungu mengalami kesulitan dalam melakukan intruksi dari guru seperti pada saat melakukan servis bulutangkis dan pada saat mendapatkan point ganjil genap. Dalam hal ini modifikasi bulututangkis yaitu modifikasi skor dan lapangan yaitu permainan bulutangkis digunakan untuk mempengaruhi hasil belajar teknik dasar servis bulutangkis tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar servis anak tunarungu kelas V SDLB Muhammadiyah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen yaitu penelitian pre-test dan post-test satu kelompok (one group pretest - posttest design), dengan subjek 6 siswa tunagrahita sedang. Analisis data penelitian menggunakan statistik non-parametrik dengan uji signtest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar teknik dasar servis melalui permainan bulutangkis anak tunarungu kelas V SDLB Muhammadiyah Jombang, sesuai dengan hasil nilai rata-rata pre-test yaitu 55,6 dan hasil nilai rata-rata post-test yaitu 80,1.  Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa angka perhitungan dari Z = 2,05. Angka tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai kritis 5% Ztabel yaitu 1,96. Hal ini membuktikan nilai Zhitung > 1,96 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti modifikasi skor dan lapangan pada permainan bulutangkis efektif dalam mempengaruhi hasil belajar teknik dasar servis tunarungu kelas V SDLB Muhammadiyah Jombang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol