Pengaruh Model Pembelajaran (CTL) Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Siswa Kelas X SMAN Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015.

Moh Faizin

Abstract


ABSTRAK Faizin, Moh. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran (CTL) Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Siswa Kelas X SMAN Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015. Dosen Pembimbing : Drs. Moedjiono, M.Si
Kata Kunci : Model CTL mempengaruhi Hasil pada passing bolavoli. Selama ini model yang digunakan dalam pembelajaran bolavoli khususnya passing bawah kurang efektive sehingga kurang menimbulkan minat dalam dalam melakukan pembelajaran bolavoli. Siswa hanya diminta untuk belajar passing bawah sendiri, tanpa diberi contoh cara passing bawah yang benar sehingga mereka tidak mengerti bagaimana cara passing bawah yang baik dan benar. Maka dengan ini siswa memerlukan model pembelajaran yang di dalamnya memperlihatkan tahapan-tahapan dasar seperti yang terdapat dalam model CTL. Sehingga penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar passing bawah bolavoli menggunakan model CTL dan tanpa  menggunakan model CTL (contextual teaching and learning) pada siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen dan design penelitian yang digunakan yaitu desain pretestpostest kelompok kontrol subjek random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang. Sedangkan untuk sampel ini peneliti menggunakan siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang sebagai sampel yaitu kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-1 kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh  nilai t hitung untuk kelas eksperimen dengan taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95% dan maka berarti diterima ditolak. Dan nilai t hitung untuk kelas kontrol = 3,120 dengan taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95% dan maka berarti diterima ditolak. Sedangkan untuk sig (2-tailed) adalah 000. berarti 000. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh hasil belajar passing bawah bolavoli siswa antara yang diajar dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dan tanpa model CTL kelas X SMAN Jogoroto Jombang.
2
ABSTRACT
Faizin, Moh. 2015. Comparison Of Result Student Passing Of Bolavoli By Using Method of CTL to Educative Participant of Class of X SMAN Jogoroto Jombang. Program Study of Penjaskes. Lecturer Counsellor : Drs Moedjiono,M.Si
Keyword : Learnig method CTL increasing outcome passing on voly ball.
In this time method which is used in game of voleyball specially passing is very monoton so that assess educative participant less than standard minimum achievement. Student only asked to student passing by them self, without gave a lead the way of passing to the real correct so that they do not understand how to passing to the real correct and good. Hence herewith educative participant need study model which in it show elementary steps such as those which there are in method of CTL. So this research aim to as follows:  (1) To know result student passing of volleyball use method of CTL educative by participant of class of X in SMAN Jogoroto Jombang, (2) To know comparison of result student passing of volleyball without using method of CTL and do not use method of CTL (tournament game team) at educative by participant of class of X SMAN Jogoroto Jombang. Device which is used in this research is device research of and experiment of design used research that is group pretest-postest desain control random subjek. Population in this research is entire/all educative by participant of X Class of SMAN Jogoroto Jombang. While for this sampel of researcher use educative by participant of class of X class of SMAN Jogoroto Jombang as sampel that is X MIA-2 class as experiment class and X MIA-1 class as control class. Result of research obtained by average value of postest class control 13,176 while experiment class obtained by mean 18,361. Result of research analysed by using uji-t of SPSS. Pursuant to calculation of SPSS uji-t with obtained by and meaning that do not reside in area acceptance of . Besides pursuant to SPSS output got by value of while value so that sig , hence accepted and

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats