Survey Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) PJOK Kelas XI IPS SMA Negeri Jogoroto di Masa Pandemi Covid-19 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Achmed Zoki, Risfandi Setyawan, Mecca Puspitaningsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar dan hasil belajar peserta didik pada saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) PJOK di SMA Negeri Jogoroto. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Subjek penelitian kelas XI IPS sebanyak 137 peserta didik. Hasil penelitian didapat nilai proses pembelajaran sub indikator kesungguhan memperoleh prosentase tertinggi dengan nilai 95,2%, dan sub indikator sikap kepada teman memperoleh nilai prosentase terendah dengan nilai 61,6%. Untuk nilai rata-rata dari kesembilan sub indikator kuesioner diperoleh nilai 82,5%. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran didapat bahwa proses pembelajaran menggunakan handphone dengan bantuan aplikasi whatapp dan google form. Keterisian kuesioner sebesar 91%, yaitu 125 dari 137 peserta didik yang mengisinya. Sedangkan nilai hasil belajar didapat dari Penilaian Akhir Tahun (PAT), didapat nilai sebesar 54,7% belum memenuhi KKM dan 45,3% sudah memenuhi KKM. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah berjalan baik, tetapi untuk hasil belajar belum mendapatkan nilai yang diharapkan. Karena banyak nilai peserta didik yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga perlu adanya kegiatan remedial yang harus dilakukan.



Keywords


Survey, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), PJOK, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Gray, K., & Tobin, J. (2010). Introducing an online community into a clinical education setting: a pilot study of student and staff engagement and outcomes using blended learning. BMC Medical Education, 10(1), 1–9.

Hasanah, et al. (2021). Survey Pelaksanaan Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Kejaora, 6(1), 189–196.

Jamaluddin, et al. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1-10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2011). Distance education: A systems view of online learning. Cengage Learning.

Munir, D., & IT, M. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta, 24.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.

Nurhasan dkk. (2018). Motion activities through game to improve creative thinking skills and quality of learning processes at ages 14-15 years. Journal Surabaya State University.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).

Winarno, et al. (2020). Disrupsi Strategi Pembelajaran Olahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid 19. Tulungagung: Akademia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v9i4.1974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats