stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA VOLI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TEMBUKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 | Gunantara | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA VOLI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TEMBUKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I Nyoman Dana Gunantara, I Gusti Lanang Agung Parwata, Ni Putu Dwi Sucita Dartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar bola voli pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tembuku Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tembuku tahun pelajaran 2021/2022 yaitu terdiri dari 265 orang peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 152 orang dengan menggunakan tabel yang dikembangkan dari rumus Isaac dan Michael pada taraf signifikansi 5%. Teknik pengumpulan data motivasi berprestasi menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada peserta didik dan data hasil belajar menggunakan pencatatan dokumen berasal dari hasil penilaian guru. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata motivasi berprestasi adalah 61,51 dan rata-rata hasil belajar PJOK materi Bola Voli adalah 76,53. Signifikansi korelasi Product Moment pada uji hipotesis diperoleh 0,000, yaitu p<0,05 dan derajat koefisien korelasi sebesar 0,771 termasuk pada kategori hubungan kuat. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Bola Voli di Masa Pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Tembuku. Disarankan kepada guru PJOK untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan orang tua peserta didik untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK.


Keywords


Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar; Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu AlQur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Damanik, R. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51–55.

Muhajis, D. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, 2(2), 216–228.

Murti, S. & Heryanto. (2020). Relevansi Prestasi Belajar Sebagai Prediktor Perilaku Empati Di SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307.

Mustafa, P. S. & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.

Nasihah, Z. (2020). Hubungan Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mupel PJOK Siswa Kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(7), 639-648.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Putra, I. M. W. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha.

Putra, I. M. W. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 59-66.

Risyanto, A. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani (Studi Deskriptif di SMPN 2 Sidamulih Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran). BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2), 1-9.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tegeh, I. M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, H. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal IKA, 17(2), 150-170.

Wati, P. T. A. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Yeni, J. F., Zelhendri, Z., & Darmansyah. (2018). Pendidikan Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zain, A. F., Adi, I. P. P., & Dartini, N. P. D. (2022). Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Kelas Viii Smp Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Jasmani …, 9(2017),47–50.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/43892%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/download/43892/20926




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol