stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
SURVEI PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER | Angga | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

SURVEI PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER

Angga Angga, Iyakrus Iyakrus, Wahyu Indra Bayu, Soleh Solahuddin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler di MAN 1 Banyuasin. Persepsi adalah suatu proses masuknya informasi atau suatu pesan ke otak manusia. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan model survei Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Banyuasin sebanyak 66 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling artinya semua dari anggota populasi akan dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler di MAN 1 Banyuasin dikategorikan cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai persentase keseluruhan data sebesar 44,8% yang artinya cukup dan ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan khususnya pada aspek fasilitas dimana pelaksanaan ekstrakurikuler perlu didukung beberapa fasilitas yang memadai sehingga dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Keywords


Survei; Persepsi; Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Amirzan, M. Y. (2019). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 79–87. http://journal.unigha.ac.id/Index.Php/Jsh/Article/View/139

Anggraini, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Kokurikuler dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler di SMAN 1 Seputih Mataram. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(11). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/16464

Aryanti, L. L., Pitoewas, B., & Halim, A. (2019). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di SMP Negeri 2 Kotagajah. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/18146

Bayu, W. I., Yusfi, H., Ikhsan, A., Waldo, K., Sriwijaya, U., Sriwijaya, U., & Info, A. (2021). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani NEEDS ANALYSIS OF DEVELOPMENT DIGITAL-BASED PHYSICAL FITNESS TEST APPLICATION . 5(3), 597–603. https://doi.urg/10.33369/jk.v5i3.17763

Damanik, S. A. (2014). Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 16–21. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1383

Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2017). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016. https://core.ac.uk/download/pdf/267023922.pdf

Iyakrus. (2012). Pembentukan Nilai-Nilai Sosial pada Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Universitas Sriwijaya.

Maulana, F., & Irfani, F. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Al–Qur’an Melalui Metode Tilawati di SDIT Uswatun Hasanah Depok. Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 29–56. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i1.1021

Munastiwi, E. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–378. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Nugroho, S. (2015). PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. CV Alfabeta.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa.

Yusfi, H., Solahuddin, S., Bayu, W. I., Education, S., Sriwijaya, U., Education, P., Sriwijaya, U., & Info, A. (2021). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani CONTENT VALIDITY INDEX DEVELOPMENT OF LEARNING. 5(3), 571–579. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kinestetik/article/view/17494




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i1.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol