PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Post Test Design. Pada penelitian ini perlakuan yang diterapkan berupa permainan net Teaching Games for Understanding (TGfU). Untuk pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes passing atas dari AAHPERD. Untuk analisis data Menggunakan uji-t untuk mengetahui ada pengaruh pendekatan Teaching Game for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jombang. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dari group kontrol di diperoleh thitung 0,96 dan ttabel 1,753 dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) maka thitung > ttabel sehingga H0 diterima. Sedangkan untuk group ekperimen yang menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) diperoleh thitung 1,818 dan ttabel 1,753 dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jombang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v3i3.249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index