Identifikasi Sarana dan Prasarana Olahraga dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga

Achmad Hasyim Ashari, Heryanto Nur Muhammad, Bayu Budi Prakoso

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi sarana dan prasarana dan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) siswa di SMP Negeri 2 Taman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui survei. Sampel penelitian menggunakan metode total sampling yakni rapor seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 1128 siswa. Pengambilan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dari survei yang dilakukan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana pendidikan jasmani serta data terkait Hasil nilai rapor mata pelajaran pendidikan jasmani. Indikator dalam lembar survei yakni ketersediaan sarana dan prasarana dalam 15 cabang olahraga sesuai standar Permendiknas No.24 Tahun 2007. Dalam pengelolaan data, peneliti melakukan survei dalam lapangan dan mencatat data serta merangkumnya dalam sebuah tabel. Data tersebut kemudian diklasifikasikan atau digolongkan berdasarkan kelasnya. Peneliti terlebih dahulu membuat kategori penelitian dengan menggunakan rumus : n / N x 100% untuk tiap cabang olahraganya serta mengolah data terkait hasil nilai rapor menggunakan analisis deskriptif agar dapat memberikan gambaran secara teratur, ringkas, dan jelas, mengenai suatu gejala, peristiwa atau keadaan, sehingga dapat ditarik pengertian atau makna tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri 2 Taman termasuk dalam kategori cukup ideal dengan persentase 63,9% dan hasil belajar mata pelajaran penjasorkes di SMP Negeri 2 Taman memiliki nilai rapor yang relatif baik dari 1128 siswa. Hal ini terlihat dari pendataan hasil belajar pendidikan jasmani siswa pada kategori A sangat baik dengan skor 93-100 sebanyak 11 siswa (1%) dan siswa dengan kategori B dengan skor 84-92 sebanyak 801 siswa (71%), siswa kategori C dengan nilai 75-83 yakni sebanyak 316 siswa (28%) dan tidak ada siswa yang mendapat nilai D dengan rata-rata <75 yakni 0 siswa (0%) . Dengan demikian, kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani tergolong dalam kategori cukup ideal dan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) siswa tergolong dalam kategori baik.

Keywords


Sarana; Prasarana; Hasil Belajar; Peserta Didik

References


Akani, Chizy, Brisibe, & G, W. (2020). Reviewing Sustainable Sports Infrastructure: Implications for Sports Development in Nigerian Universities. International Journal of Constructive Research in Civil Engineering, 6(1). https://doi.org/10.20431/2454-8693.0601003

Alhidayat, T. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Bachtiar, B., Putri, A. P., & Maulana, F. (2021). Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui E-Learning Siswa Smk Negeri Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 6(1), 17–27. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6293

Dirgayuda, N. (2019). Skripsi Survei Sarana dan Prasarana Penjas Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa di SMK Negeri 10 Makassar.

Fajarsari, A. D. Y., & Kurniawan, A. W. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran PJOK Pada SD Di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember Jawa Timur Tahun 2021. In Kesehatan dan Rekreasi (Vol. 1, Issue 2).

Ghiffary, M., Agung Parwata, Ig., & Putu Spyanawati, N. (2020). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Hadi, S. (2019). Kata kunci : Survei, Sarana dan prasarana, Hasil Belajar.

Herawati, N., Negeri, S., Raja, T., Kunci, K., dan Prasarana Pendidikan, S., & Dasar, S. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.

Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567

Majid Khan, Amjad Reba, & Khisro Kaleem Raza. (2021). Sports Facilities and Utilities: A Perceptual Analysis of Secondary School Students. Research Journal of Social Sciences and Economics Review (RJSSER), 2(1), 292–302. https://doi.org/10.36902/rjsser-vol2-iss1-2021(292-302)

Maksum Ali. (2018). Metodologi Penelitian. Unesa Press.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. In Language Teaching Research (Vol. 19, Issue 2, pp. 129–132). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nur, H. W., Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal MensSana, 3(2), 93. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.82

Nurdiansyah, I. (2015). Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri Surabaya Selatan. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Oka Mahendra, I. B. P., Budaya Astra, I. K., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 53. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34858

Samuel, R., Abieraba, K., & Osman, A. (2019). An Assesment of Sport Facilities in Senior High Schools and Their Effects on Sports Development in The Tano North adn South District of Ghana. https://www.researchgate.net/publication/344445539

Santika, F., Pangestu, U., & Nurahlaini, M. (2021). School Facilities and Infrastructure Management in Improving Education Quality. In International Journal of Research and Innovation in Social Science. www.rsisinternational.org

Saputro, I. D. (2014). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Selompang Kabupaten Temanggung.

Taufiq, M. (2018). Pendidikan Jasmani Siswa Skripsi. Pendidikan Olahraga.

Zulkifli, Z., Usman, A., & Muhammadong, M. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga SMP Negeri 13 Makassar. Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats