PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN SISWA KELAS VII SMP PGRI 7 PALEMBANG
Abstract
Peneltian ini dikukan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP 7 PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental one-group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) sebagai variabel bebas dan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP7 PGRI Palembangsebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang dari4 kelas VII SMP 7 PGRI Palembangdan diambil sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP 7 PGRI Palembangtersebut dapat dilihat dari rata-rata pretest 14,8 dan post-test 19,6.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustini, F. (2020). Integration of Character Values through Traditional Games “Tarik Tambang” in Science Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 114.
Anaitulloh, S., Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Play therapy dengan permainan tradisional “bentengan” efektif meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.26539/teraputik.51607
Annisa, A. N., A, L. F. S. Q., Fauroni, M. R., & Syamsul, M. (2019). Lunturnya Kearifan Lokal Permainan Tradisional Pada Siswa Smp Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Ilmu Budaya, 7(1), 78–82.
Aryati, V. A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. Indonesia Sport Jurnal, 2(2), 39–48.
Aulia, W., Suryansah, S., & Januarto, O. B. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(1), 94–102. https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p94-102
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 2(1), 77–85.
Education, E., Alpian, A., Ruwaida, H., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Learning in. 6(2), 1610–1617.
Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4474
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73.
Jamaliah, N., & Priono, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Meranti Improve Learning Outcomes of the Squat Style Long Jump through Traditional Games for Class VII Students of SMP Negeri 1 Meranti. 2(1), 416–427. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS
Maulana, R., Syafei, M. M., & Resita, C. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kerja Sama Siswa Dalam Pendidikan Jasmani di SMP Islam Bani Ahmad Cilamaya. Jurnal Literasi Olahraga, 2(April), 135–141. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/5332
Nurdiana, U., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Media Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. E-Journal-Pensa, 06(02), 161–164.
Royana, I. F. (2017). Pelestarian Kebudayaan Nasional Melalui Permainan Tradisional dalam Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional KeIndonesiaan II, 483–493. http://eprints.upgris.ac.id/98/
Sari, C. R., Hartati, S. H., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225
Setyawan, A. D., & Hartinah, S. (2019). Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Kerjasama Berbasis Permainan Tradisional Balbudih untuk Siswa SMP. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i2.916
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index