PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN SIRKUIT PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMK NEGERI SE-KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan sirkuit yang layak menurut persepsi guru dan siswa pada kelas XI semester 2 di SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitian dilakukan dua tahap, yaitu penelitian awal (analisis kebutuhan) dan pengembangan yang menggunakan rancangan Borg & Garl (1989). Instrumen dalam pengambilan data berupa lembar observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diproleh sebagai berikut: penelitian awal berupa analisis keterampilan dasar mengajar diperoleh informasi bahwa 3 guru PJOK memperoleh nilai 3 dengan kriteria sedang, 7 guru penjasorkes memperoleh nilai 2 dengan kriteria kurang, dan 2 guru PJOK memperoleh nilai 1 dengan kriteria sangat kurang. Hasil pengembangan diperoleh data bahwa ahli pembelajaran pendidikan jasmani, hasilnya adalah 77,4% (Kriteria Baik), ahli kepelatihan, hasilnya adalah 73,5% (Kriteria Cukup), ahli media, hasilnya adalah 84,8% (Kriteria Baik), guru pendidikan jasmani, hasilnya adalah 77,0% (Kriteria Baik), uji kelompok kecil, hasilnya adalah 77,9% (Kriteria Baik), uji coba (siswa) produk I, hasilnya adalah 76,4% (Kriteria Baik), uji coba (siswa) produk II, hasilnya adalah 77,9% (Kriteria Baik). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan sirkuit ini layak digunakan sebagai sumber belajar menurut respon guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas XI semester 2 SMK Negeri Se-Kota Malang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v3i2.251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index