Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Klurahan Magetan

Bambang Haryono, Noortje Anita Kumaat, Advendi Kristiandaru

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) relevansi materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013; (2) kualifikasi latar belakang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesesuaian sarana dan prasarana (3) proses pelaksanann pembelajaran PJOK, dan (4) prestasi belajar peserta didik dilihat dari hasil nilai harian mata pelajaran penjas di SDN Klurahan Magetan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) untuk mengetahui program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan Magetan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PJOK, dan seluruh siswa di SDN Klurahan Magetan.. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks, materi pembelajaran PJOK telah relevan dengan K13, akan tetapi tidak semua materi tersampaikan; (2) hasil evaluasi input menunjukkan latar belakang pendidikan guru pengampu sesuai dengan kualifikasi guru penjas (3) hasil proses pelaksanaan pembelajaran PJOK. menunjukan angka 69% yang berkategori baik. (4) hasil evaluasi produk menunjukkan pembelajaran PJOK yang telah dilaksanakan termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu bahwa secara umum program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan sudah berpedoman pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namui belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut.


References


Arfianto, R. W. (2013). Survei Proses Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smk Dan Sma Se-Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(4), 2–5.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan) (Kedua). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553

Bray, M. (2013). The Impact of Student Choice on Learner Engagement in Physical Education. Kinesiology, Sport Studies, and Physical Education Synthesis Project. 6.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indriana, D. (2011). Mengenal ragam gaya pembelajaran efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Kyriacou, C. (2011). Effective teaching: theory and practice. Rotherham, United Kingdom: Nelson Thornes Ltd

Lutan, R., & Suherman, A. (2000). Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Permendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pada Kurikulum 2013. Jakarta: BNSP

Permendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 37 tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Jakarta: BNSP

Permendiknas. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia, Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Jakarta: BNSP

Phillips, S. R., & Silverman, S. (2015). Upper Elementary School Student Attitudes Toward Physical Education Journal of Teaching in Physical Education, 2015, 34, 461-473.http://dx.doi.org/10.1123/jtpe.2014-0022

Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Publications.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tesgera, W. D. (2018). Impact of equipment sport of facilitating on teaching learning of the process of physical education in the case of Babala High School. American Journal of Education and Information Technology. Vol. 2, No. 2, 2018, pp. 27-35. doi: 10.11648/j.ajeit.20180202.12

Widoyoko, S. E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats