MODEL KOOPERATIF TERHADAP MODIFIKASI PEMBELAJARAN DALAM PERMAINAN KASTI PADA SISWA KELAS V SDN GENENGANJASEM 1 KECAMATAN KABUH

Daris Mariati

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menguasai teknik dasar permainan kastidengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SDN Genenganjasem I Kabuh. Bentuk penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah  adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas. (Aqib, 2009: 13). Objek penelitian ini adalah siswakelas V SDN Genenganjasem I Kabuh.Siswa kelasV SDN Genenganjasem I Kabuh tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 24siswa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai teknik dasar permainan kasti pada siswa kelas V SDN Genenganjasem I Kecamatan Kabuh antara lain : (a) Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi lewat bahan bacaan, (b) Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar dan (c) Guru membimbing kelompok bekerja dan belajar untuk : Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan, Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan, Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan, Memukul bola yang di lambungkan  sendiri, Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain, Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi. (d) Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari atau masing-masing kelompok, dan (e) Guru memberikan penghargaan. (2)aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai teknik dasar permainan kasti pada siswa kelas V SDN Genenganjasem I Kabuh siklus I sebesar 49% denga criteria cukup aktif dan siklus II sebesar 71% dengan kriteria aktif, atau meningkat sebesar 22%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v2i4.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats