UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN KUCING DAN TIKUS PADA SISWA KELAS V SDN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani setelah menggunakan model permainan kucing dan tikus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 18 siswa. Sampel sebanyak 18 siswa, 8 laki-laki dan 10 perempuan menggunakan teknik Pre-test and Post-test Group yang termasuk jenis desain dalam kategori praeksperimen. Tes kesegaran jasmani yang dipilih dengan menggunakan Multistage Fitness Test (MFT) karena dianggap lebih sederhana dan bisa mengetahui hasil VO₂Max dengan cepat dan akurat, dengan prediksi VO₂Max yang merupakan indikator tingkat kesegaran jasmani. Hasil penelitian mengatakan bahwa hasil pre-test MFT siswa kelas V memiliki nilai memiliki nilai rata-rata sebesar 22,91 nilai standart devisiasi sebesar 0,6329 dan nilai varians sebesar 0,401 dengan nilai terendah 21,8 dan nilai tertinggi 24,3. Sedangkan nilai MFT hasil post-test memiliki rata-rata sebesar 24,217 nilai standart devisiasi sebesar 0,7081 dan nilai varians sebesar 0,501 dengan nilai terendah 22,5 dan nilai tertinggi sebesar 25,7. Uji analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata antar kelompok (Independent Sample t-Test) menggunakan spss 16.00 for windows didapat nilai thitung (5,857) > ttabel (1,691). Dengan kata lain bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test siswa kelas V SDN Mancar 3 Jombang. Dan hasil pre-test dan post-test VO2max siswa kelas V, ada perbandingan sebesar 17,22%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani yang diukur pada tes MFT dengan pre-test dan post-test mengalami peningkatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v2i4.269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index