stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Keterampilan Sosial Siswa | Daryanto | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Keterampilan Sosial Siswa

Dadit Daryanto, Purbodjati Purbodjati, Noortje Anita Kumaat

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahu pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan sosial anak, jenis penelitian ex post facto. Sampel Pada penelitian ini kelas atas di SDN Alastuwo 2 Magetan  Sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 43 siswa. apabila populasi kurang dari 100, maka sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen Intensitas Penggunaan Smartphone Untuk mengukur intensitas penggunaan smartphone, peneliti mengadaptasi kuisioner dari mobile Phone Dependence Questionnaire (MPDQ) Kebugaran Jasmani menggunakan TKJI untuk anak usia 10-12 tahun. Sedangkan instrumen untuk mengukur keterampilan sosial yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Skills Improvement System (SSIS), hasil perhitungan menunjukan nilai sig 0,498 > 0.05,bahwa ada pengaruh antara smartphone terhadap keterampilan sosial, sedangkan nilai sig  0,127 > 0.05 jadi bisa dikatakan bahwa smartphone mempengaruhi kebugaran jasmani. Kesimpulan menunjukan bahwa adanya pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan sosial anak.


References


Aljomaa, S., Qudah, M., Bursan, I., Bakhiet, S., & Abduljabbar, A. (2016). Smartphone addiction among university students in the light of some variables. Computers in Human Behavior, 61, 155–164. http://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.041

Anggraeni, A., & Hendrizal. (2018). The Effect of Gadget Use on The Social Life of High School Students. Jurnal PPKN & Hukum, 13(Sosial), 64–76.

Bellack, A. S. (2011). Part I Principles, Format, And, Techniques For Social Skills Training Of Clients With Schizophrenia. Social Skills Training for Schizophrenia, Second Edition: A Step-by-Step Guide, Alan S. Bellack, Ed. Copyright 2004, 1–27.

Cocoradă, E., Maican, C. I., Cazan, A. M., & Maican, M. A. (2018). Assessing the smartphone addiction risk and its associations with personality traits among adolescents. Children and Youth Services Review, 93, 345–354. http://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.08.006

Elliott, S., & Gresham, F. (2013). Social Skills Improvement System (pp. 2933–2935). http://doi.org/10.1007/978-1-4419-1698-3_509

Fischer-Grote, L., Kothgassner, O. D., & Felnhofer, A. (2019). Risk factors for problematic smartphone use in children and adolescents: a review of existing literature. Neuropsychiatrie, 33(4), 179–190. http://doi.org/10.1007/s40211-019-00319-8

Hills, A. P., Andersen, L. B., & Byrne, N. M. (2011). Physical activity and obesity in children. British Journal of Sports Medicine, 45(11), 866–870. http://doi.org/10.1136/bjsports-2011-090199

Irianto, D. P. (2004). Bugar dan Sehat dengan berolahraga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kriswanto, E. S., Prasetyowati, I., Sunardi, J., & Suharjana, F. (2020). The Influence of Quality of Sleep and Physical Activity on Physical Fitness, (January 2019), 465–470. http://doi.org/10.5220/0009788804650470

Kueh, Y. C., Kuan, G., & Morris, T. (2019). The Physical Activity and Leisure Motivation Scale: A confirmatory study of the Malay language version. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 17(3), 250–265. http://doi.org/10.1080/1612197X.2017.1321029

Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The smartphone addiction scale: Development and validation of a short version for adolescents. PLoS ONE, 8(12), 1–7. http://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558

Liau, A. K., Choo, H., Li, D., Gentile, D. A., Sim, T., & Khoo, A. (2015). Pathological video-gaming among youth: A prospective study examining dynamic protective factors. Addiction Research and Theory, 23(4), 301–308. http://doi.org/10.3109/16066359.2014.987759

Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Muhajir. (2016). Buku Guru : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Mulyati & Frieda. (2018). Jenis kelamin pada siswa SMA Mardisiswa Semarang survei APJII ( asosiasi penyelenggara jasa Internet Indonesia ) menunjukan pertumbuhan media lainnya . Hal ini didukung oleh survei Indonesian Digital Ssociation ( IDA ) yang, 7(Nomor 4), 152–161.

Pratiwi, A. M. S. (2018). Hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan perilaku prososial remaja. Jurnal Psikologi.

Toda, M., Monden, K., Kubo, K., & Morimoto, K. (2006). Mobile phone dependence and health-related lifestyle of university students. Social Behavior and Personality: An International Journal, 34(10), 1277–1284.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol