Pengaruh Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas SDN Krajan 2

Mulyani Mulyani, Advendi Kristiandaru, Nur Ahmad Arief

Abstract


Kebugaran jasmani sangat diperlukan oleh siswa untuk melakukan aktivitas yang sifatnya motorik yang memerlukan ketersediaan energi, baik yang sudah ada di dalam otot ataupun yang ada diluar otot dan akan langsung diproses supaya dapat menjadi energi untuk bergerak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani dan status gizi terhadap motorik anak, metode Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian adalah kelas atas dengan jumlah 69 siswa SDN Krajan 2 Kec. Parang Magetan, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Dari hasil penelitian pada siswa kelas atas di SDN krajan 2 Kab. Magetan, di ketahui bahwa tingkat kebugaran jasmani laki dan perempuan masuk kategori sedang, sedangkan untuk status gizi siswa mendapat kategori normal. Untuk perhitungan uji linier regresi sehingga di peroleh nilai sig 0.030 < 0.05 bisa di katakan bahwa Tingkat kebugaran jasmani dan status gizi berpengaruh terhadap motorik anak sebesar 4.00 dengan nilai signifikan 0.030 < 0.05. 


References


Abdurahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagosis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.

Howley, E. T. (2001). Type of activity: resistance, aerobic and leisure versus occupational physical activity. Med Sci Sports Exerc., 33(6), 364–369.

Jamaris, M. (2013). Orientasi baru dalam psikologi pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Janssen, I., & Leblanc, A. G. (2015). Moderating Infl uences of Baseline Activity Levels in School Physical Activity Programming for Children: The Ready for Recess Project. School Nutrition and Activity, (January 2010), 155–172. http://doi.org/10.1201/b18227-14

Ma’arif, & Mahfud. (2022). Survey Status Gizi saat Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gudo. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(1), 1–5. http://doi.org/10.46838/spr.v3i1.138

Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456.

Monsma, E. (2006). Williams, H. & Monsma, E.V. (2006). Assessment of gross motor development. In B.A. Bracken & R.J. Nagle (Eds). Psychoeducational Assessment of Preschool Children, Fourth Edition, (pp. 397-433). Lawrence Erlbaum Associates: Hillsdale, NJ.

Ortega, F. B., Ruiz, J. R., Castillo, M. J., & Sjöström, M. (2008). Physical fitness in childhood and adolescence: A powerful marker of health. International Journal of Obesity, 32(1), 1–11. http://doi.org/10.1038/sj.ijo.0803774

Spaulding, T. (2015). Broward College Institute of Public Safety Law Enforcement and Corrections Academy Physical Fitness Preparation Guide.

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani (Filosofi, Pembelajaran dan Masa Depan). Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Sutapa, P., Sukadiyanto, S., & Kushartanti, B. W. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik Untuk Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 143–155. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2655




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats