stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani berbasis android pada materi pencak silat | Kartika | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani berbasis android pada materi pencak silat

Mutia Kartika, Iyakrus Iyakrus, Wahyu Indra Bayu, Meirizal Usra, Syafaruddin Syafaruddin, Herri Yusfi

Abstract


Perkembangan peradaban pendidikan dan juga dan teknologi diharapkan bisa mempermudah. guru agar membuat dan menghasilkan media pembelajaran yang bisa digunakan secara praktis dan efisien. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan ialah salah satu mata pelajaran yang bisa memanfaatkan teknologi di dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan serta efektivitas media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (R&D). Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran yang bisa dipakai pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani materi Pencak Silat Jenjang SMP. Penelitian ini divalidasi oleh 3 orang ahli dan dinyatakan layak untuk digunakan, hasil uji efektivitas pada penelitian ini menunjukkan angka 29,215 untuk T hitung lebih besar dari T tabel 1,690 yang berarti penelitian ini efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Pembelajaran melalui media ini dapat diakses secara online dan offline.


Keywords


Media; Pembelajaran; Android; Pencak Silat

References


Abdurahman, H., Riswaya, A. R., & Id, A. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti.

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Kependidikn UMB, 2(25). http://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567

Bayu, W. I. (2014). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Melalui Olahraga Tradisional. 13–24. https://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/11/02.PROCEEDINGS-PERTEMUAN-ILMIAH-ILMU-KEOLAHRAGAAN-NASIONAL-2014-MALANG.Wahyu-Indra-Bayu.pdf

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN.

I Wayan, C. S. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 4(1), 29–39.

Ihsan, N., Yulkifli, & Yohandri. (2017). Development of speed measurement system for pencak silat kick based on sensor technology. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 180(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/180/1/012171

Iyakrus. (2018). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Prestasi. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Jannah, R. J., & Khikmah, A. N. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Budaya Pencak Silat Sebagai Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 141–146.

Jayul, A., Irwanto, E., Pendidikan, P., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Juansyah, A. (2015). Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED-GLOBAL POSITIONING SYSTEM (A-GPS) DENGAN PLATFORM ANDROID. Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat: Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18(2), 121–133.

Parker, M., MacPhail, A., O’Sullivan, M., Ní Chróinín, D., & McEvoy, E. (2018). ‘Drawing’ conclusions: Irish primary school children’s understanding of physical education and physical activity opportunities outside of school. European Physical Education Review, 24(4), 449–466. https://doi.org/10.1177/1356336X16683898

Purnama, S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. 2013, IV(1), 20–32. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/70/69

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.

Vai, A., Ramadi, R., Juita, A., & Sulastio, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Multimedia Tingkat SMA/MK. Journal Sport Area, 4(2), 359. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3803




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i4.2779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol