stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Layanan guru pendidikan jasmani kepada peserta didik di sekolah berbasis inklusi | Prakoso | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Layanan guru pendidikan jasmani kepada peserta didik di sekolah berbasis inklusi

Bayu Budi Prakoso, Dwi Cahyo Kartiko, Mochamad Ridwan, Mohammad Fathur Rohman

Abstract


Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat layanan yang didapatkan oleh siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran PJOK di sekolah berbasis inklusi. Sebanyak 30 guru PJOK (1 perempuan dan 29 laki-laki, usia antara 28-53 tahun) mengisi instrumen penelitian yang dikembangkan berdasarkan empat aspek layanan kepada siswa inklusi yaitu space, task, equipment, people (STEP). Analisis digunakan untuk uji validitas (multivariat dan korelasi), reliabilitas (cronbach’s alpha), dan deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan telah valid (λ= 0.752-0.948) dan raliabel (α= 0.946). Tingkat layanan yang diberikan oleh guru pada siswa inklusi masuk dalam kategori tinggi. Optimalisasi layanan pada aspek area dilakukan dengan menyediakan area terapi khusus di lapangan, aspek tugas dinyatakan dalam pemberian target belajar khusus untuk siswa inklusi, aspek peralatan dinyatakan dalam bentuk modifikasi alat belajar agar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, aspek orang dinyatakan dengan memberikan aktivitas gerak yang memungkinkan siswa regular dan inklusi saling bekerjasama sehingga belajar bersama.

Keywords


pendidikan jasmani; adaptif; inklusi; STEP

References


Agustin, I. (2016). Manajemen pendidikan inklusi di sekolah dasar sumbersari 1 kota malang. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/EHDJ.V1I1.290

Amiruddin, M. Z., Widihastrini, F., Trimurtini, & Bektiningsih, K. (2021). PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1223–1236. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/288

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat. (2019, July 14). Kemendikbud Ajak Daerah Tingkatkan Pendidikan Inklusif. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/kemendikbud-ajak-daerah-tingkatkan-pendidikan-inklusif

Endriani, D., Verawati, I., & Ginting, A. (2017). Identifikasi pembelajaran pendidikan jasmani untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar. JURNAL PRESTASI, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24114/JP.V1I1.6490

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research In Education (6th ed.). Mc Graw HIll.

Gusti, N. S. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 532. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3469

Haegele, J. A., & Sutherland, S. (2015). Perspectives of Students with Disabilities Toward Physical Education: A Qualitative Inquiry Review. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/00336297.2015.1050118, 67(3), 255–273. https://doi.org/10.1080/00336297.2015.1050118

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.

Hardy, I., & Woodcock, S. (2014). Inclusive education policies: discourses of difference, diversity and deficit. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/13603116.2014.908965, 19(2), 141–164. https://doi.org/10.1080/13603116.2014.908965

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/S11747-014-0403-8/FIGURES/8

Kiuppis, F. (2018). Inclusion in sport: disability and participation. Sport in Society, 21(1), 4–21. https://doi.org/10.1080/17430437.2016.1225882

Mashud, Hadi, S., & Abdillah, S. (2021). Physical literacy: kajian sarpras pendukung pembelajaran pjok dan ektrakurikuler olahraga di sekolah daerah lahan basah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH, 6(2). http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/439

Messiou, K. (2017). Research in the field of inclusive education: time for a rethink?*. International Journal of Inclusive Education, 21(2), 146–159. https://doi.org/10.1080/13603116.2016.1223184

Mishra, M. (2016). Confirmatory Factor Analysis (CFA) as an Analytical Technique to Assess Measurement Error in Survey Research. Paradigm, 20(2), 97–112. https://doi.org/10.1177/0971890716672933

Natal, Y. R. (2020). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Bajawa. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 4(1), 22. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222

Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/25229

Pratama, D. Y., & Wisnu, H. (2019). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Negeri Se-Gugus 1 di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. … Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/31771

Sakti, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V4I02.2019

Sastradiharja, E. J., MS, F., & Sutarya, M. (2020). Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi. Alim | Journal of Islamic Education, 2(1), 101–118. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.172

Spyanawati, N. L. P. (2013). Pengaruh gaya mengajar mastery learning dan inklusi terhadap hasil belajar pencak silat ditinjau dari daya tahan cardiovascular. Jurnal IKA, 11(2). https://doi.org/10.23887/IKA.V11I2.1991

Suroto. (2016). Peran Sekolah dan Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Guru PJOK Profesional yang Pembelajar. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 1425–1430. http://seminars.unj.ac.id/konaspi/file/Prosiding KONASPI VIII 2016.pdf

Taber, K. S. (2018). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 48(6), 1273–1296. https://doi.org/10.1007/S11165-016-9602-2/TABLES/1

Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., Rakeyan Santang Karawang, S., & Agus Salim Lampung, I. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I1.419

Widiyanto, W. E., Galuh, E., Putra, P., Studi, P., Olahraga, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 2(2). https://doi.org/10.33365/SSEJ.V2I2.1052




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i4.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol