Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Tolak Peluru Pada Siswa Mts Mambaul Ulum Kelas VII Montong Tuban Dengan Model Pembelajaran Demonstrasi

Olivia Dwi Cahyani, Ahmad Lathiful Athvi Ikmalun Ni’am, Luthfi Ariyanto

Abstract


Pada penelitian ini, peneliti meneliti tentang bagaimana kemampuan siswa MTs Mambaul Ulum dalam melakukan teknik dasar tolak peluru. Metode dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian tindakan kelas dilakukan ketika ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas. Menurut (Widayati, 2008), penelitian tindakan kelas (PTK) adalah studi sistematis tentang sekelompok upaya guru untuk meningkatkan penyampaian praktik pendidikan dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran dan berdasarkan refleksi mereka atas hasil tindakan tersebut. Dari tabel siklus 1 diatas dapat dijelaskan bahwasanya kemampuan teknik dasar tolak peluru siswa MTs Mambaul Ulum masih sangat kurang, dari 20 siswa hanya 4 saja yang mendapatkan kategori “Baik”. Hal ini tentu saja masih di bawah 80% dari keseluruhan jumlah siswa yang menguasai teknik dasar tolak peluru. Kemudian setelah diberi perlakuan disiklus ke 2 nya sudah meningkat menjadi 80% atau 18 siswa dari 20 siswa sudah bisa melakukan dengan kategori baik


Keywords


Demonstrasi; tolak peluru; olahraga

References


Affriadi. (2021). Upaya peningkatan pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan menggunakan modifikasi alat pada siswa kelas vii mts darun na’im sim pang kubu. 1–53. https://repository.uir.ac.id/11621/1/166610687.pdf

Blegur, J., & Mathias Mae, R. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju Sport motivation of athletic and boxing athleetes. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 29–37.

Endris, A. (2021). Ensiklopedi Olah Raga Atletik: Lompat Jauh hingga Tolak peluru. Hikam Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=6jdlEAAAQBAJ

Hernado, F., & Lestari, W. (2017). Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Lengan terhadap Hasil Tolak Peluru. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 22–28.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Ishak, M., Ramadhan, A., & Angga, A. (2021). Perbandingan Gaya Tolak Terhadap Hasil Tolak Peluru (Pembelajaran Penjas Melalui Daring Di Masa Pandemi Covid-19 SMP 1 Sijuk Kabupaten Belitung). Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(April), 127–136. http://ejournal.upi.edu/index.php/JKO

Ismail, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 682–686. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1532

Kardiyono dalam Suastri, N. K. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar atletik tolak peluru gaya menyamping pada. 3, 222–229.

Mathematics, A. (2022). Perbedaan Model Pembelajaran Dan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks Siswa Kelas VIII Smp. 08, 1–23.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Rachmadi, R., Wahyuri, A. S., & Hardiansyah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Tolak Peluru. 5(7), 87–93.

Rizki Ambarwati, D., Widiastuti, W., & Pradityana, K. (2017). Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Kelentukan Panggul, dan Koordinasi terhadap Keterampilan Tolak Peluru Gaya O’Brien. 5(2), 207–215.

Sastaman, P. (2023). Modifikasi Alat Solusi dari Keterbatasan Pembelajaran Tolak Peluru. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 1340–1349.

Sumarsono, A. (2017). Implementasi model pembelajaran atletik melalui permainan berbasis alam. Jurnal magistra, 4, 70–83.

Syahroni, U., & Mu’arifin, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Smp Kelas VIII. Sport Science and Health, 2(7), 367–375. https://doi.org/10.17977/um062v2i72020p367-375




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Olivia Dwi Cahyani, Ahmad Lathiful Athvi Ikmalun Ni’am, Luthfi Ariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats