Potret Penerapan Model Evaluasi Program dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Literature review

Muhammad Aliffajaruddin Alfani, Cahyo Nugroho Sigit

Abstract


Ilmu evaluasi sangat dibutuhkan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Sedangkan model dari evaluasi program sangat beraneka ragam. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan meriview terkait penerapan evaluasi program dari berbagai macam model yang telah dilakukan pada pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literature riview. Pengumpulan data didapatkan dari tiga akses database yaitu Google scholar, Garuda Ristekdikti dan Sinta Journal. Dengan kata kunci “model evaluasi program” AND “ pendidikan jasmani”. Adapun rentang waktu yang ditentukan pada tahun 2018 sampai tahun 2022. Hasil pencarian data memperoleh 9 artikel dari Google Scholar, 1 artikel dari Garuda Ristekdikti dan 11 artikel yang teridentifikasi Sinta Journal, dengan demikian sejumlah 21 artikel yang akan dikaji dan dilakukan analisis. Berdasarkan paparan hasil, menunjukan bahwa model evaluasi CIPP lebih populer dan sering di terapkan untuk mengevaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan evaluasi banyak dilaksanakan di jenjang sekolah menengah.


Keywords


Model of Program Evaluation; Physical Education

References


Alfani, M. A., & Sugiharto, S. (2022). Movement Skills Learning Model in Physical Education Against Psychological Student Personality: A Systematic Riview. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 12(2), 232. https://doi.org/10.35194/jm.v12i2.2791

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Asmajaya, D., Sunarno, A., & Hasibuan, S. (2020). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Penjas di SMP Negeri se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 06(02), 43–50. https://doi.org/10.22245/jpor.v6i2.21091

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189–206.

Bangun, S. Y. (2012). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.22437/CSP.V1I1.706

Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). Aitpo (Antecedent, Input, Transaction, Product, Outcomes): Mixed Model Evaluasi Cipp Dan Countenace Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Kampus Mengajar. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.5806/jh.v3i1.61

Darodjat, D., & Wahyudiana, M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina; Jurnal Pemikiran Islam, 14(1), 1–28. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1665

Fikri, M., Hastuti, N., & Wahyuningsih, N. (2019). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. In Nulis buku (2nd ed.). Jakarta: Nulis buku.

Gusdiyanto, H., & Mustafa, P. S. (2022). Evaluasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Bunulrejo 1 Kota Malang. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 115–131. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2116

Habibi, H. I., Muhammad, H. N., Kristiandaru, A., & Sholikin, T. (2022). Evaluasi Pembelajaran PJOK Multigrade Sekolah Dasar di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Jurnal Bravo, 10(02), 100–111. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2499

Hadi, F. K. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(1), 6–11. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i1.615

Haryono, B., Kumaat, N. A., & Kristiandaru, A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SD Negeri Kelurahan Magetan. Jurnal Bravo, 10(03), 197–207. https://doi.org/10.32682/ bravos.v10i3.2592

Imam Ariyadi, J., Rumini, R., & Priyono, B. (2021). The Evaluation of Physical Education Sport and Health during the Covid-19 Pandemic at Junior High Schools in Central Semarang Indonesia. Journal of Physical Education and Sports, 10(3), 250–256. https://doi.org/10.15294/JPES.V10I3.48448

Irwanto, I. (2019). Evaluasi Proses Belajar Dan Pembelajaran Dengan Model Cipp Untuk Mata Pelajaran Penjasorkes Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Serang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(2), 6–13. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i2.656

Jumadi, F., Agung Ngurah Putra Laksana, A., & Gst Ngr Agung Cahya Prananta, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5027642

Kaloka, P. T., & Kurniawan, D. D. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 93–101. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.38631

Khodari, R. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(2), 124–132. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2740

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1253–1264. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I10.11599

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Maidarman, M. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Jasmani Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 3(1), 49–59. https://doi.org/10.24036/jpo40019

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633

Ngatman, N., Guntur, G., Broto, D. P., & Bakar, Z. A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes (PJOK) Saat Pandemi Covid- 19 SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman tahun 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 144–154. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.54779

Octaviansyah, Rahayu, T., & Handayani, O. W. K. (2015). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Palembang. Journal of Physical Education and Sports, 4(2). https://doi.org/10.15294/JPES.V4I2.9893

Permana, R., Hendrawan, B., & Saleh, Y. T. (2017). Profil Kualifikasi Akademik Guru Olahraga SD se Kota Tasikmalaya. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.90

Prabowo, A. (2017). Problematika Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terkait dengan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 374–384. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/view/677

Priono, J., Siregar, I., & Siregar, B. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTs Se-Kecamatan Sei Balai. Journal of Science and Social Research, 4(3), 321–328. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.930

Purnama, Y., Rozi, F., & Usmanto, U. (2022). Evaluasi Program Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1), 333–341. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5936

Purwadi, D. A., & Erdilanita, U. (2022). Efektivitas Evaluasi Model Countenance dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 104–115. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2068

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891

Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. . (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Republik Indonesia. Undang-Undang Tentang Standar Nasional Pendidikan. , Pub. L. No. 57 (2021). Indonesia.

Rojali, W. I., Ngadiman, N., Budi, D. R., Nurcahyo, P. J., & Febriani, A. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal MensSana, 6(1), 92–99. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.24

Sarpan, A., Rumini, R., & Hartono, M. (2022). Evaluation of Sports and Health Physical Education Learning Programs in Junior High Schools in Sampolawa District. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(3), 526–537. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.2269

Silitonga, T. B., Sujanto, B., Luddin, M. R., Susita, D., & Endri, E. (2020). Evaluation of Overseas Field Study Program at the Indonesia Defense University. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(10), 554–573.

Sinulingga, A., Hasibuan, S., & Noor, M. M. (2021). Evaluation of the Implementation of 2013 Curriculum Vocational Batubara Regency. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(3), 626–641. https://doi.org/10.33369/jk.v5i3.18000

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas (1st ed.; M. N. Alif, ed.). Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sujana, I. M., Wahjoedi, W., & Hidayat, S. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 secara Daring saat Pandemi Covid-19 pada SMP Negeri se-Kecamatan Kuta Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 40–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.5813929

Sultan, H. P., Anwar, A. S., Sin, T. H., Arsil, A., & Donie, D. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui Model CIPP pada SMP IT Raudhah Agam Sumatra Barat. JSD; Jurnal Sekolah Dasar, 07(01), 68–76. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2908

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPJI.V8I1.3477

Wardhana, S. A., Asim, & Widijoto, H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Matapelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 6 Malang dengan Menggunakan Analisis SWOT. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1, 87–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um040v1i1p87-102

Widiharti, W., Tola, B., & Supriyat, Y. (2019). Evaluation of Principal Partnership Programs in the Directorate of Education Management - The Application of Kirkpartick and Countenance Stake Evaluation Model. Universal Journal of Educational Research, 7(9A), 71–77. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071609

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17389

Zakiah, N., Sunarno, A., & Suprayitno, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013 di MAN se Kota Medan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 07(01), 25–30. https://doi.org/10.22245/jpor.v7i1.26167

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84. https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal0966




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Aliffajaruddin Alfani, Cahyo Nugroho Sigit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats