stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Sekolah Dasar | Maryati | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Sekolah Dasar

Lilik Maryati, Advendi Kristiyandaru, Nur Ahmad Arief

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan motorik kasar pada peserta didik SD kelas 1. Penelitian ini dilakukan di SDN Krajan 1 semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek yang digunakan sebanyak 44 peserta didik yang meliputi 21 kelompok kontrol dan 23 kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen non tes kemampuan motorik peserta didik kelas 1 SD. Berdasarkan uji hipotesis dengan Independent Sample t-Test pada kecepatan lari 30 meter thitung 3,742 > ttabel 1,682, kelincahan lari bolak-balik 4×5 thitung 4,253 > ttabel 1,682, dan daya power tungkai thitung 4,321 > ttabel 1,682. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu rata-rata kemampuan motorik kasar peserta didik menggunakan permainan tradisional bentengan lebih baik dari permainan tradisional locat tali karet. Sehingga permainan tradisional memiliki pengaruh terhadap kemampuan motorik kasar peserta didik kelas 1 SDN Krajan 1 Magetan.


Keywords


permainan tradisional; motorik kasar; peserta didik SD

References


Abidah, A. F., Rukayah, R., & Dewi, N. K. (2019). Sikap Kerjasama melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 104. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36332

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60

Buahana, B. N., & Suparno, S. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Benteng Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Prasekolah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 507–512. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1912

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487

Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504

Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951

Hasanah, U. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203.

Hermahayu, H., & Mashitoh, R. F. (2022). AKTIVITAS FISIK SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(2), 191–208. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v5i2.126

Hidayat, A. M., Pratama, B. A., & Kurniawan, W. P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kelincahan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hidayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 657–661. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.479

Kamaludin, K., Ngadiman, N., Festiawan, R., Kusuma, I. J., & Febriani, A. R. (2020). Pengembangan Permainan Pecah Piring Sintren: Pemanfaatan Olahraga Tradisional pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24447

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=-eRNDwAAQBAJ

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Mufidah, F. H., & Habsy, B. A. (2021). Keefektifan Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Bentengan Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. In NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1(1), 74–83.

Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Putri, A. A., Reswita, & Andespa, Y. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terompah Panjang terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 165–172.

Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). MENGGALI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Rusmawati, I., & Hartati, S. C. Y. (2016). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP GERAK DASAR MOTORIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI , OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SDN MARGOMULYO 1 BOJONEGORO Itsna Rusmawati Sasminta Christina Yuli Hartati Abstrak. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.

Rusmiyadi, Ma’mun, S., & Asroriyah. (2021). Analisis Gerak Dasar Fundamental Pada Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri 2 Ciherang Jaya Kecamatan Cisata. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 141. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5555

Siswanto, Winarno, M. E., Adi, S., & Setiawan, E. (2022). Bagaimana Dampak Permainan Tradisional pada Perkembangan Motorik Siswa: Systematic Literature Review. Jurnal Patriot, 4(4), 364–379. https://doi.org/10.24036/patriot.v

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332

wahyuni, I.W., Muazimah, a., M. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional “Tarik Upih” Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.24307

Widya Agustin, N., Susandi, A., & Habibi Muhammad, D. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 33–44. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.552

Zulfikar, M., Hasyim, A. H., Ikadarny, I., & Anwar, N. I. A. (2021). PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sport Science, 11(1), 27. https://doi.org/10.17977/um057v11i1p27-34




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilik Maryati, Advendi Kristiyandaru, Nur Ahmad Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol