PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMK PLUS UMAR ZAHID SEMELO BANDAR KEDUNGMULYO JOMBANG

Mochammad Habibi Setyo Wicaksono

Abstract


Model pembelajaran demonstrasi baik digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dalam penyampaian model pembelajaran yang didemonstrasikan melalui prosedur yang benar dapat dengan cepat dimengerti dan dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X Jurusan TKJ di SMK Plus Umar Zahid Semelo Jombang tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan mean motivasi siswa dengan diterapkan model pembelajaran demonstrasi sebesar 78.7931 = 78.79 dan mean motivasi siswa tanpa diterapkan model pembelajaran demonstrasi sebesar 68.2759 = 68.27. Selain itu, diperoleh juga nilai probabilitas sebesar 0.00 karena nilai probabilitas < taraf signifikan (α) yang ditetapkan, dengan keterangan angka 0.00  < 0.05 maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Plus Umar Zahid Semelo Jombang Tahun 2011/2012.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i3.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats