Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar

Andria Ridha Kurniawan, Anung Priambodo, Advendi Kristiyandaru

Abstract


Motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Motivasi dapat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Pendidik memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, misalnya penerapan permainan tradisional. Penelitian ini, metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV di SDN Simbatan 1 dengan sampel yang digunakan sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan beberapa pengujian menggunakan aplikasi SPSS menyatakan adanya pengaruh yang signifikan permainan tradisional terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil signifikan yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05.


Keywords


motivasi belajar; permainan tradisional; pendidikan jasmani

References


Agus, R. . (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok Untuk Pembelajaran Sepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 43–53.

Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1499

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS di SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20.

Darmawan, S., Ilmu, F., Universitas, K., Makassar, N., Guru, P., & Siswa, M. B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah , Peran Guru Dan. Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 103–111. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/78/42

Dewi, V. R., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa smp dalam belajar matematika. IRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116–128.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Handoko & Gumantan. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMA Negeri 1 Baradatu. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 1–7.

Kusuma, R. A. & W. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 135–141.

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Nugraha, Y. A., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2021). Pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ips sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37.

Nur, L., Ginanjar, A., Malik, A. A., & Pingon, L. (2021). Validity and Reliability of Elementary School Students’ Learning Motivation Instruments in Physical Education. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(2), 205. https://doi.org/10.35194/jm.v11i2.1843

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Paramitha & Anggara. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612

Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 129–136.

Prameswari & Anggraini. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Lidah Kulon IV. Jurnal PGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 75–86.

Putu, L., Adi, A., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Suminah, Gunawan, & M. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.

Winarni, S. (2020). Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari usia dan jenis sekolah Physical Education Teacher Competencies Base On Age and Type of School. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 101–114.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andria Ridha Kurniawan, Anung Priambodo, Advendi Kristiyandaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats