Upaya Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Gerak Dasar Hop Melalui Permainan Tradisional Engklek

Dyah Ayu Nur Sariyan, Bayu Budi Prakoso, Yulespana Qoriawan

Abstract


Peneliti mengamati pembelajaran PJOK di SD Negeri Kapasan V/147 Surabaya khususnya pada materi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif kurang bervariasi, sehingga menyebabkan kurangnya keterampilan peserta didik terhadap kemampuan psikomotorik pada materi tersebut Sehingga perlu adanya perhatian khusus pada materi tersebut, khususnya pada materi gerak dasar hop. Maka, peneliti menggunakan permainan tradisional engklek sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar keterampilan gerak dasar hop melalui permainan tradisional engklek. Metode yang digunakan yaitu dengan siklus berbentuk spiral. Hasil yang diperoleh mennunjukkan pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil ketuntasan ketercapaian keterampilan gerak dasar hop sebesar 24% pada keseluruhan indikator. Pada siklus 2 diperoleh ketuntasan ketercapaian keterampilan gerak dasar hop sebesar 100% pada gerak bertumpu, 86% pada gerak tolakan, 66% pada gerak sikap melayang diudara, dan 83% gerak mendarat. Pada siklus 3 diperoleh ketuntasan ketercapaian keterampilan gerak dasar hop sebesar 100% pada keseluruhan indikator.


Keywords


Gerak dasar hop; permainan; engklek

References


Agustina, N., Studi, P., & Akuntansi, K. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. 19(1), 61–68. doi:10.31294/p.v19i1.1540.

Aisyah, Marzuki, & Wati, I. D. P. (2013). Peningkatan kemampuan gerak dasar melompat melalui permainan tradisional engklek. 1–13. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.244.

Anggraeni, D., & Sutiyarsih, S. (2018). Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain Improved results of learning basic motion throw through a play approach. 14(1), 11–17. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21340.

Ardhika, D. F. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 2 Jeruk Kabupaten Blora Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(1), 1503–1508. https://doi.org/10.15294/active.v4i1.4557.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladana, 14, 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.

Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. Sense Publishers.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148.

Harini, B., Usman, N., & Maharani, S. D. (2021). Fenomena Permainan Tradisional “Cak Ingkling” Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era Milenial. Publikasi Pendidikan, 11. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16374

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Jurnal Pendiidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74.

Lestari, D. F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 7. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742

Munawaroh, A. N., Jayadinata, A. K., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Metode Reqa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Materi Membuat Dan Menjawab Pertanyaan Dari Teks Yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051–2060. ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3566/pdf%0A%0A

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di Smk Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(12), 2239–2245. https://doaj.org/article/03d7afa1468b492284ba66bed1bf6035

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.

Qoulbi, G. A., & Alnedral. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Di Kelas XII SMA Negeri 1 Batusangkar Dilihat Dari Sudut Perencanaan, Proses, Dan Evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148–158. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/download/551/325

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Safitri, E. N., Putri, P. D. R., & Kurniawan, J. S. (2019). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Universitas Ahmad Dahlan, 8–15. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1443.

Sam, F. K., Pramono, P., & Astuti, W. (2021). Penerapan Permainan Engklek Fruit Sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.1-8

Sari, B. F., & Raihana. (2020). Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 68–76. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22261

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6685

Yuisman, D., Juliana, R., Adilla, U., Permainan, M., & Engklek, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kinestetik Melalui Penerapan Media Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–16. https://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Mikraf/article/view/64.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dyah Ayu Nur Sariyan, Bayu Budi Prakoso, Yulespana Qoriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats