Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Pola Gerak Dominan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini mengamati pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SDN Kapasan V Surabaya pada materi senam lantai guling depan tidak maksimal, menyebabkan siswa tidak mampu mempraktikkan aktivitas senam guling depan. Perlu adanya model atau pendekatan pola gerak dominan. Maka, peneliti ingin meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan pola gerak dominan pada senam lantai guling depan. Metode yang digunakan yaitu dengan siklus berbentuk spiral. Temuan yang didapat menunjukkan dalam siklus I menghasilkan ketuntasan ketercapaian senam lantai guling depan menggunakan pola gerak dominan sebesar 21% pada keseluruhan indicator. Pada siklus II diperoleh hasil yang cukup signifikan dalam ketuntasan ketercapaian senam lantai guling depan menggunakan pola gerak dominan sebesar 76%. Pada siklus III diperoleh ketuntasan ketercapaian senam lantai guling depan menggunakan pola gerak dominan sebesar 97 % pada keseluruhan indikator. Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa dengan menggunakan pola gerak dominan mampu menambah hasil belajar saat belajar senam lantai guling depan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akmal, A., Sugihartono, T., & Ilahi, B. R. (2018). Analisis Muatan Materi Senam Pada Bahan Ajar Pjok Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9181
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Bell, L,.M,.& Aldridge, J, M. (2014) Student Voice Teacher Action Research and Classroom Improvement. Sense Publishers.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Fobia, L. (2016). Meningkatkan hasil belajar roll belakang senam lantai menggunakan metode bermain di sdn 30 ladak.
Husnan, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai dengan Metode Latihan Berulang pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kopang Tahun Pelajaran 2018 / 2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1), 83–89. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i1.1027
Joko Riyanto. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Ngampelkulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 262–273.
Juliati Br Sinuraya, D. H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Senam Lantai Dengan Menggunakan Permainan 3 Pos. Jurnal Dunia Pendidikan, 1(1), 20–24. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/jdpd/article/view/10334/4888
Mahmudah, I., A., & Darmawan, A. (2020). CITIUS: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN (Vol. 2, Issue 2). http://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius
Maulana, F., & Odang, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani melalui Metode Pembelajaran Penugasan dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA N 2 Kota Sukabumi. Jurnal Kependidikan, 5(1), 27–34.
Morni, Wiwik, & Andika. (2016). Metode meningkatkan keberanian siswa melalui pembelajaran senam lantai roll belakang. Pendidikan Jasmnai Kesehatan Dan Rekreasi FKIP UNTAN, Pontianak, 5(5), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15352
Natalis Nggaa, P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 32–38. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Nugroho, T. A., Negeri, S. D., Kecamatan, K., Corresponding, S., & Kunci, K. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Gajah Berjalan Pada Siswa Kelas IV SD. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Oksyalia, D., Suntoda Situmorang, A., Mahendra, A., Hidayat, A., & Attazhimiyah Bandung, S. (2018). Upaya Meningkatkan Gerakan Meroda Menggunakan Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam Lantai. In Journal of Teaching Physical Education in Elementary School (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/tegar/index
Prastyyo, S. B. (2015). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Meroda Pada Senam Lantai Kelas Viii Smp Negeri 13 Semarang Tahun 2013/2014. E-Jurnal Physical Education, Sport(Health and Recreation), 1539–1542.
Sahrol, S., Akbar, K., & Atmaja, N. M. K. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Dalam Senam Lantai Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kancong Tanah Pinoh Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 8(1), 30–35. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.318
Suharjana, F. (2011). Pengembangan Pembelajaran Senam melalui Bermain di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 18–23. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3479
Sumarni Guru Negeri, T. S. (n.d.). PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 KOTA PEKANBARU.
Tumpuan, D., Meningkatkan, U., & Belajar, H. (n.d.). PENERAPAN POLA GERAK DOMINAN BERBASIS KESEIMBANGAN.
Yusuf, Y. (2018). Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fajar Susetya Pambudi, Bayu Budi Prakoso, Yulespana Qoriawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index