Pengaruh metode part and whole drill jarak pendek terhadap hasil belajar renang gaya kupu-kupu

Bima Firmansyah, Setiyo Hartoto

Abstract


Rasa cemas dan takut belajar renang dapat mengakibatkan hasil belajar rendah maka diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar peningkatan pengaruh part and whole drill jarak pendek terhadap hasil belajar renang gaya kupu-kupu. Jenis penelitian adalah praexperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling dengan jumlah 20 siswa. Proses pengambilan data dilakukan 4 kali pertemuan dan menggunakan tes keterampilan renang dengan kriteria gerakan renang gaya kupu-kupu yang dinilai oleh 3 observer yang memiliki lisensi pelatih dan/ atau wasit renang. Teknik analisis data menggunakan deskriptif statistik, uji normalitas, uji-t, dan gain ternomalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode part and whole drill jarak pendek terhadap hasil belajar renang gaya kupu-kupu dengan nilai rata-rata pretest 3,45 dan posttest 8,68, besar t-test= 8.873, p= 0,000 <0,05. Hasil belajar keterampilan renang gaya kupu-kupu mengalami peningkatan sebesar 48,5% masuk kategori peningkatan sedang.


Keywords


part and whole; renang; gaya kupu-kupu; hasil belajar

References


Anandia, P. R., & Wahidi, R. (2016). Metode Latihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(1), 28–38.

Arhesa, S., Sofyan, D., & Ramadhan, M. F. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Journal Respecs, 2(2), 57–62.

Bay, S. (2016). Swimming : steps to success. Human Kinetics.

Destiawan, M. C., Adi, S., & Roesdiyanto. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Olahraga Renang (Literature Review). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia , 5(1), 73–99. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org

Mahsud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–89.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian : Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Pane, B. S., & Saragih, A. H. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motor Educability Terhadap Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Putra SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1979–6692.

Purwanti, Fauziati, E., & Fathoni, A. (2022). Managemen Pembelajaran Kontekstual IPA Dalam Mengintegrasikan Kecapakan Abad 21: Studi Kasus di SMP Negeri 2 Wirosari, Grobogan.

Putri, G. T. K. (2020). Penerapan Part And Whole Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Melalui Komunitas Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 263–267.

Rahmadini, D. A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl) (Studi pada siswa kelas VII SMP AL-Falah Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 257–261.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. JOPE: Journal Of Sport Education, 2(1), 10–15.

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran PJOK Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV - VI SD Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 328–338. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/indexterakreditasiPeringkat4

Saputra, I. S. A., & Wahidi, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Bagian dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 7–11.

Setyorini. (2016). Pengaruh Program Live Life Well At School Dan Reward Terhadap Keterampilan Gerak Dasar. Universitas Negeri Surabaya : Pascasarjana.

Suhdy, M., & Sovensi, E. (2021). Pelatihan Penyelamatan Di Kolam Renang bagi Guru Penjas SMP di Lubuklinggau. Jurnal PKM Linggau, 1(1), 26–33.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–30.

Sulamtari, R. W. (2017). Simulasi Berbagai Macam Gaya Renang Berbasis 3 Dimensi.

Wardhani, R. (2022). Pengaruh Kekuatan Otot Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas Club Renang Bintang Khatulistiwa Pontianak. SPJ: SPORT PEDAGOGY JOURNAL, 1(1), 103–109.

Yanda, R. A., Haetami, M., & Hidasari, F. P. (2017). Pengaruh Metode Drill Pada Renang Gaya Dada Untuk Peserta Didik Tuna Wicara di Sekolah Luar Boasa Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.3072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bima Firmansyah, Setiyo Hartoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats