KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PASCA PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOMBANG TAHUN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pasca penerapan kurikulum 2013 dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran pada SMP Negeri Se- Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga SMP Negeri Se- Kecamatan Jombang. Perolehan rata-rata persentase skor pada setiap kompetensi ini kemudian dikonversikan dalam skala nilai 100. Kriteria nilai yang didapatkan 0 – 25 (kurang), 26 – 50 (cukup), 51 – 75 (baik), dan 76 – 100 (baik sekali). Rata-rata hasil perbandingan 14 kompetensi yang sudah diberikan tesebut, maka diperoleh hasil bahwa guru pasca penerapan kurikulum 2013 lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan guru sebelum penerapan kurikulum 2013. Dapat dilihat dari perolehan skor nilai 2 (dua) pada setiap kompetensi. Terjadi peningkatan sebanyak 22.48% dari kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. Simpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan penilaian melalui pengisian instrumen PKG, dapat diperoleh hasil guru pasca kurikulum 2013 lebih baik dari pada guru sebelum penerapan kurikulum 2013.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v4i4.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index