PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA

Sunarti Sunarti

Abstract


Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pendidikan jasmani melalui strategi pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa (PBAS) kelas V SDN 1 Sambimulyo Banyuwangi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 57,6 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,8 % dan siklus 3 mencapai 84,8 %, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan strategi pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa (PBAS) efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelajaran pendidikan jasmani di SDN 1 Sambimulyo Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v6i2.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats