PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS

Supardi Supardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournaments) kelas V SDN 3 Sambirejo Banyuwangi. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan siswa selama tiga siklus, yaitu siklus I 56,8 %, siklus II  69,8 %, siklus III  84 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V di SDN 3 Sambirejo Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v6i2.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats