PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournaments) kelas V SDN 3 Sambirejo Banyuwangi. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan siswa selama tiga siklus, yaitu siklus I 56,8 %, siklus II 69,8 %, siklus III 84 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V di SDN 3 Sambirejo Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v6i2.835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index