PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS INQUIRY KELAS V SDN 3 LATENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015-2106

Barorotin Barorotin

Abstract


Pendekatan pembelajaran contextual berbasis inquiry merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil.

 

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan ketuntasan belajar siswa pelajaran IPS kelas V  dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual berbasis inquiry.

 

Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa  dengan mencapai standar ideal.Dari 56 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 68,5  %  pada siklus II, dan siklus ke III  85,5  %.

 

 Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inquiry dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran IPS dengan ketuntasan mencapai 100  %.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis. 2006. Psikologis Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung

Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution, M.A. 2004. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004, Pertanyaan Dan Jawaban. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Roestiyah, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Suharsimi Arikunto. 2006.Prosedur Penelitian. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2005 . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. Suhardjono. Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Segala. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung

Wasty Soemanto. 2004. Psikologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta.

Suciati. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Alfabeta Bandung.

Usman, 2002. Menjadi Guru Profesional.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offerst.

Widja, I.Gde. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran IPS . Jakarta: Depdikbud

Wina Sanjaya, 2004. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Bebasis Kompetensi. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.32682/jsn.v1i1.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/