stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIF GROUP INVESTIGATION (CGI ) KELAS VI SDN 1 WRINGINAGUNG GAMBIRAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015 | Trilukitowati | Jurnal Sila Negara

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIF GROUP INVESTIGATION (CGI ) KELAS VI SDN 1 WRINGINAGUNG GAMBIRAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Ernaning Mikrad Trilukitowati

Abstract


Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas bangsa itu sendiri. Untuk memperlancar proses pendidikan diperlukan suatu wadah atau lembaga yang disebut sekolah. Secara sistematis telah merencanakan bermacam lingkungan, yakni lingkungan pendidikan yang menyediakan bermacam kesempatan bagi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga siswa memperoleh pengalaman pendidikan. Dengan demikian, mendorong pertumbuhan dan perkembangannya kearah suatu tujuan yang dicita-citakan dalam pendidikan.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar diperlukan suatu keahlian atau keterampilan pengelolaan kelas yang harus dimiliki oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran karena setiap siswa memiliki kemampuan bernalar  berpikir yang berbeda-beda. Untuk itu,  guru harus  memiliki pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami materi pelajaran yang diajarkan.

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana  penerapan Model Pembelajaran Coperatif Group Investigation( CGI ) dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN klas V SDN I Wringinagung..

Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan tiga  siklus terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  dengan mencapai standar ideal. Dari 57,27  % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 69,9 %  pada siklus II, dan siklus ke III  85,45  %.

Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Coperatif Group Investigation (CGI)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan  mencapai 100%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2007 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Arif Yulianto, SE.Msi. IPS. Untuk SD Pusat Perbukuan .

Aqib, Z. (2003) Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikiawan.

Depdiknas RI 2003.Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas.

Endrastuti. Dra.Buana Ilmu Pengetahuan Sosial . Yudisthira .

Endang Susilaningsih, IPS Kelas 5 untuk SD/ MI Pusat Perbukuan Aneka Ilmu.

Kusmono, dkk. (2008) Ilmu Pengetahuan Solsial SD Kelas V . Jakarta: Smart Education.

Mustoha Amin, dkk (2008) Senang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial lSD Kelas V . Jakarta: Smart Education.

Sumantri Mulyani. (2008) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Supreyeti, Dra, M.Pd, dkk. (2006) Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32682/jsn.v1i1.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol