Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Perguruan Tinggi

Dra. Diah Puji Nali Brata, M.Si

Abstract


Abstrak Masalah  kualitas  lulusan  Pendidikan  Tinggi,  saat  ini  menjadi  topik  aktual  dalam  persoalan degradasi  mutu  baik  secara  intelektual  maupun  etis-normatif.  Perguruan  Tinggi  bertanggung jawab  menanamkan  pengetahuan-pengetahuan  baru  yang  reformatif  dan  transformatif  tentang nilai-nilai  luhur  melalui  pendidikan  karakter,  untuk  menciptakan  sumber  daya  manusia  yang berkualitas, berkarakter, dan kompetitif. Dosen berperan penting dalam mentranformasikan nilai- nilai  luhur  dalam  pembelajarannya  melalui  pembelajaran  inovatif.  Tujuan  penelitian  adalah untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan pendidikan karakter, aplikasi pembelajaran inovatif yang  terintegrasi  dengan  pendidikan  karakter,  dan  dampak  pengembangan  pendidikan karakter. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dan setting natural. Data  diperoleh  melalui  triangulasi  metode  dan  sumber  data.  Analisis  keabsahan  data  melalui tahap  reduksi,  display,  dan  verivikasi  data.Hasil  penelitian  menunujukkan  bahwa  bentuk pengembangan  pendidikan  karakter  adalah  proses  internalisasi  dan  sosialisasi  melalui penciptaan  iklim  kondusif  dengan  manajemen  kelas  mulai  dari  perencanaan(merekontruksi perkuliahan  yang  berbasis  karakter),  pelaksanaan  (penerapan  pembelajaran  inovatif  yang mengintegrasikan pendidikan karakter), dan evaluasi (penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor) berbasis  karakter.  Aplikasi  pembelajaran  inovatif  adalah  penerapan  model-model  pembelajaran inovatif  yang  bervariasi  di  perkuliahan    secara  konsisten  dengan  menanamkan  kebiasaan- kebiasaan  dan  perilaku  yang  berkarakter,  dan  dampak  pengembangan  karakter  adalah  dapat meningkatkan kedisiplinan mulai dari tertib jadwal kuliah, menghargai waktu, dan pengumpulan tugas, meningkatkan nilai-nilai karakter kejujuran, kepedulian, kerjasama, tanggung jawab, kerja keras, dan dapat  mengembangkan serta meningkatkan pemahaman materi yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis, partisipasi aktif , dankomunikasi lisan.  

Kata Kunci:  pendidikan karakter, pembelajaran inovatif, perguruan tinggi 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.