stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
KARAKTERISTIK PROMOTE ACTION GURU PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASAR PERILAKU SISWA KELAS VIII MTS SALAFIYAH SYAFI’IYAH TEBUIRENG JOMBANG | Iffah | JOURNAL PROCEEDING

KARAKTERISTIK PROMOTE ACTION GURU PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASAR PERILAKU SISWA KELAS VIII MTS SALAFIYAH SYAFI’IYAH TEBUIRENG JOMBANG

Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Proses pembelajaran tidak lagi dengan guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan, namun telah

dirancang untuk membuat pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif. Interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran terutama membentuk lingkungan sosial yang kondusif menjadi hal yang penting untuk  dipertimbangkan  oleh  guru.  Namun  ketika  guru  memberikan  pembelajaran  tanpa memperhitungkan apakah siswa sudah mampu memahami ataukah apa yang masih harus dikerjakan oleh siswa maka pembelajaran yang dilakukan tidaklah efektif. Valsiner mengembangkan teori milik vygotsky dengan memunculkan zone of promoted action. Karakteristik dari zone of promoted action adalah tidak mengikat sehingga ada kebebasan bagi siswa untuk menerima, menolak atau menanggapi secara semu promote action guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik dari accepted promote action, rejected promote action dan pseudo promote action. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan accepted promote action tampak jika siswa mampu memahami dan menguasai konsep yang diberikan. Siswa melakukan apayang diintruksikan guru.Promote action guru juga ada beberapa yang ditolak, hal ini karena siswa tidak mampu mengikuti tindakan yang ditawarkan guru. Siswa hanya diam, tanpa melakukan apa yang diintruksikan guru. Pseudo promote action muncul ketika siswa melakukan sesuatu tidak untuk pemahaman siswa sendiri, siswa hanya meniru dan terlihat mengikuti pembelajaran tetapi sebenarnya tidak memahami.

 

Kata Kunci: accepted promote action, pseudo promote action, rejected promote action, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol