PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MUHMMADIYAH JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mindaudah -

Abstract


Permasalahan  yang  dihadapi peserta  didik  kelas  V di MI  Muhammadiyah  I  Jombang ada/ah  kesulitan  dalam   meningkatkan   hasil   be/ajar   Bahasa  Arab,   disebabkan   oleh berbagai hal, diantaranya adalah adanya anggapan  bahwa Bahasa Arab  adalah  bahasa yang  rumit,  bahkan  terdapat  beberapa  siswa yang  menganggap  bahasa  Arab  sebagai momok yang menakutkan.  Sehingga anggapan tersebut menjadi penghambat  dalam proses pembelajaran  bahasa Arab di Seko/ah sehingga juga  berdampak pada hasi/ be/ajar siswa, untuk itu diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan inovatif.  Sa/ah satu  bentuk  model pembelajaran  yang  inovatif  ada/ah  model pembelajaran   Scramble. Pene/itian  ini bertujuan  untuk mendekripsikan  Penerapan  model pembelajaran  scramble dalam  meningkatkan  hasil  be/ajar  siswa  kelas  V dalam  mata pelajaran  Bahasa  Arab. Penelitian  int termasuk penelitian  kuantitatif.  dengan menggunakan penelitian  Populasi, jumlab   responden  34  siswa  kelas  V.   Metode  pengumpulan   data  yaitu  tes,  observasi, wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  uji  t  (uji  beda)  dua sampel  berpasangan   dengan  program   SPSS   16.0 for   Windows.  Hasil   analisa  data menunjukkan  bahwa ada pengaruh penerapan  model pembe/ajaran  Scramble dalam meningkatkan  hasil be/ajar Bahasa  Arab  siswa  ke/as  V Ml  Muhammadiyah  I Jombang tahun pelajaran  2013/2014.

Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Be/ajar Bahasa Arab


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.