PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MUHMMADIYAH JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah I Jombang ada/ah kesulitan dalam meningkatkan hasil be/ajar Bahasa Arab, disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah adanya anggapan bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang rumit, bahkan terdapat beberapa siswa yang menganggap bahasa Arab sebagai momok yang menakutkan. Sehingga anggapan tersebut menjadi penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Seko/ah sehingga juga berdampak pada hasi/ be/ajar siswa, untuk itu diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan inovatif. Sa/ah satu bentuk model pembelajaran yang inovatif ada/ah model pembelajaran Scramble. Pene/itian ini bertujuan untuk mendekripsikan Penerapan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil be/ajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian int termasuk penelitian kuantitatif. dengan menggunakan penelitian Populasi, jumlab responden 34 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) dua sampel berpasangan dengan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembe/ajaran Scramble dalam meningkatkan hasil be/ajar Bahasa Arab siswa ke/as V Ml Muhammadiyah I Jombang tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Be/ajar Bahasa Arab
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.