PEGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKTIS DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMPN 4 LAMONGAN

Ilmul Ma'arif, Zakaria Wahyu Hidayat, Kahan Tony Hendrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran taktis terhadap hasil belajar bolavoli. (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan motorik terhadap hasil belajar bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII Smpn 4 lamongan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 siswa putra yang terbagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan pretest dan posttestketerampilan bolavoli. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 19.0.

Jenis penelitian dalam penelitian ini kuantitatif (eksperimen), analisis data yang digunakanadalahUjiPaired Sample t-Test. Berdasarkan hasil perhitunganUjiPaired Sample t-TestKelompok I (keterampilanbolavoli) hasilperhitunganuntuk kelompok I nilai sig .000 > 0,05jadiHal inidapatdikatakanbahwa model pembelajaranbolavoliberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarbolavoli.Kelompok II (kemampuanmotorik)hasilperhitunganuntuk kelompok II nilai sig .001 >0,05Hal inidapatdikatakanbahwakemampuanmotorikberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarbolavoli. Kelompok III (Kontrolbolavoli)hasilperhitunganuntukkelompok III nilai sig .000 > 0,05Hal inidapatdikatakanbahwa model pembelajaranbolavoliberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarbolavoli. Kelompok III (Kontrolmotorik)hasilperhitunganuntukkelompok III nilai sig .000 >0,05Hal inidapatdikatakanbahwakemampuanmotorikberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarbolavoli.

Simpulan dari penelitian ini adalah (1)Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran taktis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bolavoli. (2) Dapat dikatakan bahwa kemampuan motorik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bolavoli.

 

kata – kata  kunci : model pembelajarantaktis, kemampuanmotorik, belajarbolavoli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.