PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBLE PADA PERMAINAN BOLABASKET MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN ANGKATAN 2015

Kahan Tony Hendrawan, Yully Wahyu Sulityo

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan terdiri dari berbagai unsur yang saling  mempengaruhi  satu  sama  lain.  Penelitian  dengan  menerapkan  metode  pembelajaran S.T.A.D  (student  teams  achievement  division  )  untuk  mengatasi  kendala  dan  hambatan  yang mahasiswa hadapi dalam upaya meningkatkan kemampuan  pembelajaran teknik dasar  dribble  pada permainan bolabasket pada mahasiswa program studi pendidikan jasmani dan kesehatan angkatan  2015  A  STKIP  PGRI  Jombang.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh metode STAD terhadap teknik dasar dribble pada permainan  bola basket mahasiswa program studi  pendidikan  jasmani  dan  kesehatan  angkatan  2015  A  STKIP  PGRI  Jombang.  Metode penelitian  yang  adalah  pendekatan  kuantitatif  dengan  menggunakan  penelitian  praeksperimen dengan  desain  penelitian  one  group  pretest-posttest.  Populasi  penelitian  ini  yaitu  seluruh mahasiswa  program  studi  pendidikan  jasmani  dan  kesehatan  angakatan  2015  dengan  sample penelitian 2015 A  yang berjumlah 40 siswa dengan menggunakan purposive sampling sampling. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  blangko  penelitian  dengan  penilaian  acuan  norma (PAN)  dengan  ketentuan  limit  30  detik.  Dribble  melewati  sebanyak  6  cone  rintangan.  Hasil belajar teknik dasar dribble dalam  permainan bolabasket, diketahui bahwa: Thitung lebih besar dari  Ttabel  7,85>1,68.  Dengan  demikian  terdapat  terdapat  signifikasi  antara  hasil  tes  dribble mahasiswa  antara  sebelum  dan  sesudah  diberikan  model  pembelajaran  melalui  pembelajaran Student  Teams  Achievement  Division  (S.T.A.D).  Pemberian  pembelajaran  dengan  pengaruh pembelajaran  Student  Teams  Achievement  Division  tersebut  dijadikan  sebagai  acuan  dalam  usaha  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  serta  meningkatkan  keterampilan  dribble  dalam permaian bolabasket. 

Kata Kunci: pembelajaran STAD  (Student Teams Achievement Division), hasil belajar, dribble bolabasket


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.