PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING DAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Yudi Dwi Saputra, Mecca Puspitaningsari

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbandingan  antara  pembelajaran modelingdan  media  audiovisual  terhadap  motivasi  siswa  untuk  belajar  teknik  dasar dribbling  pada  sepakbola.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  dengan komparasi.  Peneliti  membandingkan  antara  penggunaan    modeling    dan  media  audio visual terhadap motivasi siswa untuk belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Instrumen pada  penelitian  ini  yaitu  angket  menggunakan  skala  likert.Hasil  uji  beda  perhitungan diketahui  t  sebesar  3,872,  maka  jika  dikonsultasikan  dengan  t  tabel  maka  thitung  >ttabel  (3,872  >2,301)  maka  H0  ditolak  artinya  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  antara pembelajaranmodeling  dan  media  audiovisual.  Selanjutnya  untuk  mengetahui  kelompok mana  yang  lebih  optimal  dengan  mengacu  pada  data  penghitungan,  dari  nilai  mean. Berdasarkan  data  tersebut  dapat  diketahui  bahwa  kelompok  modeling  lebih  tinggi motivasinya  untuk  belajar  teknik  dasar  dribbling  sepakbola  yaitu  dengan  skor  138,91 dibandingkan  dengan  kelompok  media  audiovisual  yang  hanya  memperoleh  skor  126,23. Walaupun jika dilihat dari hasil skor tersebut perbedaannya tidak terlalu besar. 

Kata Kunci: Modeling, Media Audiovisual, Motivasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.