PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING DAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara pembelajaran modelingdan media audiovisual terhadap motivasi siswa untuk belajar teknik dasar dribbling pada sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan komparasi. Peneliti membandingkan antara penggunaan modeling dan media audio visual terhadap motivasi siswa untuk belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket menggunakan skala likert.Hasil uji beda perhitungan diketahui t sebesar 3,872, maka jika dikonsultasikan dengan t tabel maka thitung >ttabel (3,872 >2,301) maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaranmodeling dan media audiovisual. Selanjutnya untuk mengetahui kelompok mana yang lebih optimal dengan mengacu pada data penghitungan, dari nilai mean. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa kelompok modeling lebih tinggi motivasinya untuk belajar teknik dasar dribbling sepakbola yaitu dengan skor 138,91 dibandingkan dengan kelompok media audiovisual yang hanya memperoleh skor 126,23. Walaupun jika dilihat dari hasil skor tersebut perbedaannya tidak terlalu besar.
Kata Kunci: Modeling, Media Audiovisual, Motivasi Belajar Siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.