DEBAT SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH SIKAP KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SEPULUH) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 KOTA SERANG

Ita Purwati, Jedah Nur Latifah

Abstract


Globalisasi menghadirkan berbagai budaya asing yang mempengaruhi kehidupan masyarakat. Hadirnya pendidikan menjadi wadah bagi generasi penerus bangsa yang sudah terpengaruh oleh budaya asing dan sudah mengikuti budaya-budaya luar agar tetap memiliki kualitas hidup yang baik. Sekolah adalah sarana yang ditawarkan pendidikan untuk membekali siswa berbagai ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral. Adanya inovasi dalam metode pembelajaran untuk menyesuaikan perkembanghan zaman sehingga pembelajaran tidak lagi bersifat monoton dan membosankan. Pembelajaran berbasis student center kini banyak diterapkan agas siswa lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih giat belajar. Penelitian ini bertujuan memberikan inovasi terhadap metode pembelajaran yang berbasis student center agar pembelajaran tidak lagi bersifat monoton. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan menunjukkan seberapa besar sikap kritis siswa dapat tumbuh dengan adanya metode sdtudent center seperti debat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini yaitu metode penelitian kulitatif dengan terjun langsung ke SMK Negeri 7 Kota Serang melakukan wawancara dengan informan yaitu guru Bahasa Inonesia kelas X (Sepuluh) dan menganalisa proses berlangsungnya debat, selain itu menggunakan nilai hasil belajar untuk dijadikan acuan dalam hasil penelitian. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dimana debat membangun dan melatih sikap kritis siswa dengan (1) menggali pengetahuan terkait topik yang dibahas, (2) mengharuskan siswa memahami topik permasalahan yang dibahas, (3) adanya adu argumen dalam debat, (4) siswa harus menyampaikan argumen atau pendapat mengenai topik permasalahan yang di bahas

Kata Kunci: metode debat, sikap kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.