STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE DI DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUWANGI

Mohamad Regalfa Margiono

Abstract


Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Marketing Onlne oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini, penulis meneliti tentang strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi, dalam hal ini adalah Dinas Koperasi dan UMKM dalam mengembangkan usaha para pelaku UKM di wilayah kerjanya. Pelatuhan marketing online yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi ini unik dan mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi yang menjadi trend di kalangan masyarakat luas. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini yakni menggunakan teori marketing online menurut Jubilee Enterprise. Secara terperinci dapat diuraikan dalam beberapa bagian yakni: memosting produk disetiap toko online, membuat personal branding, nebeng “ngetop” di situs orang lain, dan membuat atau memiliki berbagai akun media sosial untuk berpromosi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sasaran penelitian secara apa adanya, menganalisa data yang terkumpul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini ialah para peserta pelatihan marketing online telah mempraktikkan dan menggunakan ilmu yang didapatkannya selama mengikuti pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Hasil akhirnya, para pelaku UKM yang mengikuti pelatihan ini mengalami peningkatan pendapatan usaha (omzet).

Kata-kata kunci: Marketing Online, UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Banyuwangi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.