EVALUASI INSTRUMEN KARAKTER TEACHERPENEUR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN DI ERA MILENIAL

Fahmi Ulin Ni’mah

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat dalam berbagai bidang menuntut kemampuan sumber daya manusia yang unggul dan cepat mengikuti tuntutan zaman. Hal ini menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan era milenial. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif sebagai kunci untuk menciptakan generasi milenial yang unggul. Konsekuensi dari tuntutan ini adalah dunia pendidikan harus memiliki guru yang menanamkan sikap-sikap pendidik sebagai fasilitator, motivator dan inovator dengan mengadopsi sikap positif yang dimiliki oleh seorang pengusaha atau dikenal dengan istilah teacherpreneur. Seorang guru yang memiliki karakter teacherpreneur akan menunjukkan profesionalismenya sesuai dengan tuntutan yang dihadapinya dengan berbagai karakter seperti percaya diri, berorientasi prestasi, pengambil resiko, memiliki kepemimpinan dan keorisinilan. Artikel ini akan mengevaluasi model pengukuran instrumen karakter teacherpreneur dalam membentuk model profesioanlisme guru menggunakan metode Partial Least Square. Evaluasi model pengukuran merupakan pengukuran yang digunakan untuk menilai kevalidan atau keabsahan dan reliabilitas kuisioner penelitian suatu variabel.  Berdasarkan hasil evaluasi model terhadap instrument karakter teacherpreneur menunjukkan seluruh indikator memiliki nilai loading factor lebih dari 0,7 sehingga seluruh indikator valid untuk menguji tingkat profesionalisme guru pada abad 21. Sedangkan evalusi terhadap nilai reliabilitas konstruk dapat diukur dengan composite reliable, cronbach’s Alpha, nilai (Average Variance Extracted) AVE dan membandingkan nilai akar AVE dengan korelasi antar kosntruk menunjukkan seluruh indikator penelitian dikatakan reliable dan layak digunakan.

Key words: karakter teacherpreneur, profesionalisme guru abad 21


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.