HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 (PRE RESEARCH)

Leni Widiawati, Soetarno Joyoatmojo, Sudiyanto .

Abstract


Higher order thingking skills  adalah skills yang penting dalam pembelajaran abad 21 sehingga perlu untuk mengetahui level skills tersebut. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui higher order thinking skills  peserta didik di Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif.  Sampel pada penelitian ini terdiri dari Surakarta. SMK Negeri 1 Surakarta, SMK Batik 1 dan SMK Batik 2 Surakarta. Convenience sampling adalah teknik pemilihan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa higher order thinking skills peserta didik masih rendah. Hal tersebut dikarenakan selama ini implementasi kurikulum belum dijalankan sepenuhnya dalam kegiatan pembelajaran, seperti pelaksanaan model, strategi, maupun pendekatan yang berorientasi higher order thingking skills, yaitu mengedepankan kegiatan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta

Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills,  Pembelajaran Abad 21

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.