KEGAGALAN METAKOGNITIF DALAM MEMAHAMI DAN MENGANALISIS MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegagalan metakognitif dalam tahapan tertentu dari tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami dan menganalisis masalah matematika dalam konteks penyelesaian masalah secara individu. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan tujuan mendeskripsikan kegagalan metakognitif. Subjek penelitan ini adalah mahasiswa semester 3 STKIP PGRI Jombang, subjek diminta mengerjakan permasalahan tipe Model Eliciting Activities secara individu kemudian mengisi angket aktifitas metakognitif berdasarkan pekerjaannya dan wawancara berdasarkan isian angket dan pekerjaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap memahami masalah terjadi metakognitif blindness terhadap kesalahan menentukan apa yang ditanyakan, terjadi metakognitif mirage terhadap hasil menentukan apa yang ditanyakan dan terjadi metakognitif vandalism dalam menindaklanjuti kesulitan dalam menentukan apa yang ditanyakan. Pada tahap menganalisis masalah, terjadi metakognitif blindness pada saat subjek kesulitan mengidentifikasi informasi dan kesalahan pada saat memikirkan materi yang berhubungan dengan masalah.
Keyword: redflag, blindness, mirage, vandalism
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.