MENAKAR EFEKTIFITAS POLA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN KOMPETENSI DAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK SMK DI JAWA TIMUR

Agus Prianto, Siti Zoebaidha, Ahmad Sudarto, Retno Sri Hartati

Abstract


Tingginya angka pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan sebagaimana dirilis oleh BPS tahun 2017 memunculkan dugaan masih belum mengakarnya budaya wirausaha pada para lulusan. Hal ini memunculkan pertanyaan, apakah kegiatan pembelajaran kewirausahaan sudah efektif dapat meningkatkan kompetensi dan minat berwirausaha para lulusan? Penelitian ini dikenakan pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan kelas 12 di wilayah Surabaya, Malang, Jombang, Madiun, dan Banyuwangi. Dalam penelitian ini pembelajaran kewirausahaan dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu kajian teori, kajian teori dikombinasikan praktek usaha, dan kajian teori dikombinasikan pelibatan peserta didik dalam kegiatan usaha bisnis. Untuk mendapatkan data penelitian, peserta didik diminta untuk melakukan self assessment tentang kompetensi kewirausahaan yang dipersepsikan berdasarkan 3 model pembelajaran yang mereka terima. Bersamaan dengan itu, peserta didik diminta untuk mengungkapkan persepsi minat wirausahanya. Analisis deskriptif dan uji statistik digunakan untuk menelaah data  penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran kewirausahaan yang mengkombinasikan kajian teori dan melibatkan peserta didik dalam kegiatan usaha bisnis terbukti paling efektif dapat meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik, terutama untuk dimensi skill (kecakapan) dan sikap kewirausahaan. Pembelajaran yang mengkombinasikan kajian teori dan melibatkan peserta didik dalam kegiatan usaha bisnis juga efektif untuk menumbuhkan minat wirausaha peserta didik, terutama untuk dimensi dorongan untuk berwirausaha, segera mewujudkan kegiatan usaha setelah lulus, upaya untuk berwirausaha, dan menetapkan profesi wirausaha sebagai pilihan utama setelah lulus. Penelitian ini merekomendasikan kepada sekolah agar kegiatan pembelajaran kewirausahaan lebih menekankan pada kajian teori yang dikombinasikan dengan pelibatan peserta didik pada kegiatan usaha bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi business centre dan memperkuat kerja sama dengan dunia usaha.

Kata kunci: Pembelajaran KWU, kompetensi KWU, minat wirausaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.