PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO PLOSO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aguk Sumarioko, Joan Rhobi Andrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar passing bolavoli pada siswa kelas XI SMK Diponegoro Ploso Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Diponegoro Ploso Jombang. Adapun instrumen penilaian yang dipakai dalam penelitian ini meliputi aspek kognitif dan psikomotor. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t-test diatas diperoleh nilai untuk tes pengetahuan passing bolavoli yaitu thitung  sebesar 7,919 kemudian tes keterampilan passing bawah bolavoli yaitu thitung 8,396 dan tes keterampilan passing atas bolavoli yaitu thitung 8,736 yang kemudian disamakan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% dan derajat pembagi db = N – 1 maka didapat db = 20 – 1 = 19 Nilai ttabel = 2,093 maka didapatkan ttabel sebesar 2,093. Jadi nilai thitung 7,919 > ttabel 2,093 untuk tes pengetahuan passing bolavoli selanjutnya nilai thitung 8,396 > ttabel 2,093 untuk tes keterampilan passing bawah bolavoli dan nilai thitung 8,736 > ttabel 2,093 untuk tes keterampilan passing atas bolavoli. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar passing bolavoli Pada Siswa Kelas XI SMK Diponegoro Ploso Tahun Pelajaran 2017/2018

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, hasil belajar, passing  bolavoli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.