DESKRIPSI KETERAMPILAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ervin Yulianingtyas, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Fakta menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan pengetahuan prosedural siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan permasalahan matematika, keterampilan pengetahuan prosedural siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan permasalahan matematika, keterampilan pengetahuan prosedural siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan permasalahan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan pengetahuan prosedural dalam memecahkan masalah matematika pada subjek pertama dengan kemampuan matematika tinggi  memahami masalah dengan mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan memeriksa kembali hasil selesaian. Subjek kedua dengan kemampuan matematika sedang, memahami masalah dengan mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan membuat pertanyaan, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan memeriksa kembali hasil perhitungan. Subjek ketiga dengan kemampuan matematika rendah tidak memahami masalah matematika, tidak menyusun rencana penyelesain, tidak menyelesaikan masalah, dan tidak memeriksa kembali hasil selesaian.

Kata Kunci : Keterampilan Pengetahuan Prosedural, Pemecahan Masalah Matematika,  Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.